RUU HAM: Segera Dibahas Paripurna DPR

Usulan Rancangan Undang-Undang tentang Hak Azasi Manusia (RUU HAM) dari Komisi III DPR diterima badan legislatif dalam rapat pleno.
Ashari Purwo Adi N | 02 September 2014 14:03 WIB
Kantor Komnas HAM - JIBI

Bisnis.com, JAKARTA— Usulan Rancangan Undang-Undang  tentang Hak Azasi Manusia (RUU HAM) dari Komisi III DPR diterima badan legislatif dalam rapat pleno. 

Ketua Baleg Ignatius Mulyono mengatakan RUU HAM usulan Komisi III ini merupakan calon UU pengganti UU No. 39/1999 tentang HAM. “Saat ini diusulkan menjadi  11 bab, 133 pasal,” kata Mulyono seperti yang dilansir situs resmi DPR, Selasa (2/9/2014).

Terkait dengan usulan tersebut, badan legislatif akan segera melakukan pendalaman melalui panitia kerja yang akan dipimpin Sunardi Ayub, Wakil Ketua Baleg. Setelah dibahas, RUU tersebut akan segera dibahas di Paripurna DPR minggu depan.

Wakil Ketua Komisi III DPR Azis Syamsudin sebegai pengusul RUU HAM menjelaskan bahwa  naskah akademis yang telah disiapkan dalam bentuk draft RUU HAM ini sebenarnya merupakan program  Komisi III yang sudah cukup lama dan terhambat.

Azis menyampaikan secara khusus yang akan dibahas RUU HAM ini adalah  tentang masa jabatan maupun pimpinan daripada Komisioner Komnas HAM. “Komisionerhanya memiliki kewenangan hanya sebatas hal penyelidikan bukan pada penyidikan.”

Selain itu, dibahas masalah anggaran dan tata laksana dan tata kerja pemanggilan. “Kemudian yang terakhir, tentang Dewan Kehormatan Ad Hoc HAM serta  imunitas terhadap anggota Komnas HAM,” katanya

Tag : RUU HAM
Editor : Ismail Fahmi

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top