Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Global Liveability Index: Melbourne Kota Paling Layak Huni

Melbourne pantas menerima pernghargaan tersebut karena didukung perekonomian yang mantap, infrastruktur berstandar dunia, sistem pendidikan dan kesehatan yang unggul, serta kebijakan yang progresif dalam mendukung pertumbuhan bisnis.
Ilustrasi/Reuters
Ilustrasi/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA—Kota Melbourne, Australia, kembali meraih gelar kota paling layak huni di dunia untuk ke empat kalinya secara berturut-turut berdasarkan global liveability index yang diterbitkan The Economist Intelligence Units (EIU).

Denis Napthine, Premier Negara Bagian Victoria mengatakan Melbourne pantas menerima pernghargaan tersebut karena didukung perekonomian yang mantap, infrastruktur berstandar dunia, sistem pendidikan dan kesehatan yang unggul, serta kebijakan yang progresif dalam mendukung pertumbuhan bisnis.

“Pemerintah Negara Bagian Victoria banyak berinvestasi di sektor infrastruktur, jalan raya, jalur kereta api, rumah sakit dan sekolah. Semuanya untuk memastikan Melbourne tetap menjadi kota paling layak huni,” ujarnya dalam rilis resmi yang diterima Bisnis.com, Rabu (20/8/2014).

Dia mengatakan pemerintah setempat menargetkan agar Melbourne menjadi kota terbesar di Australia menggeser Sydney pada 2030 mendatang.

Selain itu, katanya, pemerintah setempat bersama pengusaha Australia dan pengusaha mancanegara terus berupaya memunculkan investasi baru dan menciptakan lapangan kerja guna mewujudkan Negara Bagian Victoria yang lebih sejahtera.

Senada, Komisaris Negara Bagian Victoria untuk Indonesia, Brett Stevens mengungkapkan kota tersebut merupakan pusat inovasi, penelitian, pengembangan, dan manufaktur berteknologi tinggi di kawasan Asia Pasifik.

Liveability Rangking yang diterbitkan EIU mengukur kondisi kelayakan hidup di 140 kota di seluruh dunia dengan memperhatikan 5 kriteria a.l stabilitas, kesehatan, budaya dan lingkungan, pendidikan, dan infrastruktur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Heri Faisal
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper