Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hari Veteran Nasional: Pemimpin Politik Dianjurkan Rajin ke Makam Pahlawan

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menganjurkan para pemimpin politik di Tanah Air rajin berziarah ke makam para pahlawan.
Anggi Oktarinda
Anggi Oktarinda - Bisnis.com 11 Agustus 2014  |  15:35 WIB
Hari Veteran Nasional: Pemimpin Politik Dianjurkan Rajin ke Makam Pahlawan
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menganjurkan para pemimpin politik di Tanah Air rajin berziarah ke makam para pahlawan.

SBY mengemukakan kebiasaan rajin menyambangi makam para pahlawan bangsa dapat memantik kesadaran para pemimpin atas keputusan-keputusan politik yang diambil, khususnya keputusan untuk melakukan peperangan.

“Dengan datang ke tempat itu, kita dapat baca deretan nama-nama, menjadi ingat, keputusan pemimpin politik untuk menyatakan perang itu berkonsekuensi terhadap jatuhnya korban jiwa dari putra putri terbaik bangsa,” ujarnya saat menghadiri acara Peringatan Hari Veteran Nasional di Jakarta, Senin (11/8/2014).  

SBY menegaskan pemimpin Indonesia tidak boleh gemar perang, apalagi gila perang.

Dia juga menegaskan pemimpin Indonesia tidak boleh mudah mengambil keputusan untuk melakukan peperangan seperti yang acap kali dilakukan pemimpin Negara lain.

Menurut dia, peperangan merupakan jalan paling akhir yang akan dilakukan oleh Negara Indonesia apabila dihadapkan pada situasi untuk mempertahankan kedaulatan bangsa.

“Kalau tidak ada cara lain, kalau memang cara politik dan cara diplomasi tidak bisa menyelesaikan masalah, bagi Indonesia perang harus dilaksanakan jika untuk mempertahankan kedaulatan negara,” ujarnya.

Dia melanjutkan apabila suatu saat para pemimpin Indonesia harus mengambil keputusan untuk menyatakan perang, maka keputusan itu harus dipikirkan dengan sangat cermat, berhati-hati, dan tidak salah.

“Sekali menyatakan perang, sekali menggunakan kekuatan militer untuk mencapai tujuan politik, apapun tujuan politik itu, maka para politisi dan termasuk para anggota DPR, akan mengetahui risiko dan konsekuensi yang ditimbulkannya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

veteran ziarah
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top