Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemprov Sulut Giatkan Pasar Murah

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) giat menggelar pasar murah untuk mengantisipasi meningkatnya harga kebutuhan pokok masyarakat selama bulan Ramadan dan menjelang Hari Raya Idulfitri.

Bisnis.com, MANADO—Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) giat menggelar pasar murah untuk mengantisipasi meningkatnya harga kebutuhan pokok masyarakat selama bulan Ramadan dan menjelang Hari Raya Idulfitri.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulut Olvie Atteng mengatakan pasar murah akan difokuskan ke sejumlah daerah sentra muslim, yakni 40 titik di 15 kabupaten/kota di provinsi tersebut.

Menurutnya, pasar murah diselenggarakan di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmon) Raya pada pekan ini. “Pasar murah Ramadan difokuskan di daerah itu mengingat paling banyak masyarakat yang akan merayakan Lebaran di wilayah tersebut,” katanya, Rabu (16/7/2014).

Menurutnya, pada pasar murah Ramadan kali ini akan diberikan kupon gratis senilai Rp17.500 kepada keluarga yang berpenghasilan rendah.

Sebelumnya, kegiatan yang sama diselenggarakan di Kota Tondano pada Senin (14/7/2014) awal pekan ini. Selain itu, Pemprov Sulut juga menggelar pasar murah Ramadan di tiga kabupaten kepulauan yang berbatasan dengan Filipina, yakni Talaud, Sangihe, dan Sitaro, pada Kamis (10/7/2014) pekan lalu.

Dia memastikan harga jual produk lebih murah karena kegiatan ini didukung sepenuhnya oleh distributor dan pedagang bahan kebutuhan pokok di Kota Manado dan sekitarnya.

“Selain itu, kegiatan ini juga didukung oleh CSR [corporate social responsibility] dari BUMN, BUMD, dan swasta,” katanya.

Sejumlah kebutuhan pokok yang dijual dalam pasar murah itu, di antaranya beras, tepung terigu, gula pasir, minyak goreng, mentega, susu, telur ayam, dan berbagai produk yang banyak dicari masyarakat selama bulan puasa dan menjelang Hari Raya Idulfitri.

Kegiatan pasar murah Disperindag Sulut merupakan agenda rutin setiap menjelang hari besar keagamaan. Hal ini dilakukan untuk membantu masyarakat memperoleh kebutuhan pokok dengan harga terjangkau.

Dia meminta masyarakat untuk memanfaatkan pasar murah menjelang dan selama umat muslim melaksanakan ibadah puasa. Pasar murah berfungsi untuk mengantisipasi meningkatnya harga kebutuhan masyarakat selama bulan Ramadan.

Dalam setahun, Disperindag Sulut menggelar beberapa kali pasar murah, terutama menjelang Ramadan dan Idulfitri, pengucapan syukur Minahasa, serta Natal dan Tahun Baru.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Herdiyan
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper