Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertambangan Lesu, Bank Sentral Australia Tahan Suku Bunga Rendah

Bank Sentral Australia menyampaikan kesulitannya dalam mengukur sejauh mana tingkat suku bunga dapat menutupi kerugian yang ditimbulkan dari anjloknya investasi sektor pertambangan.

Bisnis.com, DARWIN - Bank sentral Australia menyampaikan kesulitannya dalam mengukur sejauh apa tingkat suku bunga dapat menutupi kerugian yang ditimbulkan dari anjloknya investasi sektor pertambangan. Eksistensi mata uang dinilai tidak berperan banyak dalam menyeimbangkan pertumbuhan.

Dewan Reserve Bank of Australia (RBA) menyampaikan butuh waktu yang tidak singkat untuk menyiasati investasi sektor pertambangan yang jatuh. RBA menahan tingkat suku bunga pada rekor terendah yaitu 2,5%.

“Investasi sektor nonpertambangan pun lesu, menyiratkan laju pertumbuhan akan di bawah tren selama sisa tahun ini dan tahun depan,” kata dewan RBA tersebut, Selasa (17/6/2014).

Pasar dan ekonom memprediksikan Gubernur RBA Glenn Stevens akan mempertahankan tingkat pinjaman sepanjang tahun ini untuk menghindari kesenjangan pertumbuhan dari sedikitnya proyek pertambangan yang akan direalisasikan.

Bulan lalu, pemerintah mengumumkan rencana pengetatan fiskal yang dinilai dapat meningkatkan sentimen konsumen. RBA berkomitmen mengimplemtasikan kebijakan akomodatif untuk menyesuaikan diri dengan anjloknya investasi sektor pertambangan.

Sementara itu, partner perdagangan terbesar Australia, China pun tengah mengalami perlambatan ekonomi. Pemerintah Australia menyampaikan menurunnya minat investasi perusahaan luar negeri ke Australia mempertegas investasi sektor pertambangan mungkin akan terus turun tajam hingga 2015.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dara Aziliya
Editor :
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper