Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

EDIFICIO ESPANA: Gedung Simbol Kota Madrid Ini Sekarang Dimiliki Miliarder China

Pengusaha dan miliarder China Wang Jianlin membeli gedung ternama yang dikenal sebagai Edificio Espana di Madrid senilai 265 juta euro (361 juta dolar AS), atau senilai Rp4,2 triliun (dengan kurs 1 dolar= Rp11.823).
Edificio Espana/Reuters-Susana Vera
Edificio Espana/Reuters-Susana Vera

Bisnis.com, MADRID -- Uang memang tak mengenal batas negara dan bisa ngalir ke mana saja untuk membeli apa saja. Itu pula yang terjadi dengan miliarder China yang menggelontorkan uangnya untuk membeli sebuah gedung penting di Spanyol.

Pengusaha dan miliarder China Wang Jianlin membeli gedung ternama yang dikenal sebagai "Edificio Espana" di Madrid senilai 265 juta euro (361 juta dolar AS), atau senilai Rp4,2 triliun (dengan kurs 1 dolar= Rp11.823), demikian disampaikan pemberi pinjaman Spanyol Banco Santander, Kamis (5/6/2014) waktu setempat.

Ketua komunitas Madrid, Ignacio Gonzalez, mengatakan bahwa pada 19 Maret Wang dan Grupo Santander Spanyol telah mencapai kesepakatan tentang transaksi tersebut, yang secara resmi dikonfirmasi pada Kamis.

Menurut media lokal, Wang, yang memiliki Dalian Wanda, akan membayar lima juta euro lebih besar untuk bangunan tersebut daripada yang disepakati sebelumnya.

Banco Santander telah membeli gedung tersebut pada 2005 seharga 389 juta euro.

The Edificio Espana, contoh arsitektur Spanyol dari tahun 1940-an dan 1950-an, adalah sebuah gedung simbol Kota Madrid dan menjadi gedung pencakar langit pertama di Spanyol setelah diresmikan pada 1953. Pada waktu itu merupakan gedung tertinggi di Eropa dengan tinggi 117 meter.

Sebanyak 200 juta peseta (1,6 juta dolar AS), mata uang Spanyol, diinvestasikan dalam konstruksi untuk membangun sebuah gedung 25 lantai, 32 lift, 184 apartemen, sebuah hotel mewah dengan 307 kamar, ruang serba guna untuk 1.200 orang dan kolam renang di atas dek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Saeno
Sumber : Antara/Xinhua
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper