Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

EDIFICIO ESPANA: Gedung Simbol Kota Madrid Ini Sekarang Dimiliki Miliarder China

Pengusaha dan miliarder China Wang Jianlin membeli gedung ternama yang dikenal sebagai "Edificio Espana" di Madrid senilai 265 juta euro (361 juta dolar AS), atau senilai Rp4,2 triliun (dengan kurs 1 dolar= Rp11.823).
News Editor
News Editor - Bisnis.com 06 Juni 2014  |  09:03 WIB
Edificio Espana - Reuters/Susana Vera
Edificio Espana - Reuters/Susana Vera

Bisnis.com, MADRID -- Uang memang tak mengenal batas negara dan bisa ngalir ke mana saja untuk membeli apa saja. Itu pula yang terjadi dengan miliarder China yang menggelontorkan uangnya untuk membeli sebuah gedung penting di Spanyol.

Pengusaha dan miliarder China Wang Jianlin membeli gedung ternama yang dikenal sebagai "Edificio Espana" di Madrid senilai 265 juta euro (361 juta dolar AS), atau senilai Rp4,2 triliun (dengan kurs 1 dolar= Rp11.823), demikian disampaikan pemberi pinjaman Spanyol Banco Santander, Kamis (5/6/2014) waktu setempat.

Ketua komunitas Madrid, Ignacio Gonzalez, mengatakan bahwa pada 19 Maret Wang dan Grupo Santander Spanyol telah mencapai kesepakatan tentang transaksi tersebut, yang secara resmi dikonfirmasi pada Kamis.

Menurut media lokal, Wang, yang memiliki Dalian Wanda, akan membayar lima juta euro lebih besar untuk bangunan tersebut daripada yang disepakati sebelumnya.

Banco Santander telah membeli gedung tersebut pada 2005 seharga 389 juta euro.

The Edificio Espana, contoh arsitektur Spanyol dari tahun 1940-an dan 1950-an, adalah sebuah gedung simbol Kota Madrid dan menjadi gedung pencakar langit pertama di Spanyol setelah diresmikan pada 1953. Pada waktu itu merupakan gedung tertinggi di Eropa dengan tinggi 117 meter.

Sebanyak 200 juta peseta (1,6 juta dolar AS), mata uang Spanyol, diinvestasikan dalam konstruksi untuk membangun sebuah gedung 25 lantai, 32 lift, 184 apartemen, sebuah hotel mewah dengan 307 kamar, ruang serba guna untuk 1.200 orang dan kolam renang di atas dek.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

madrid Edificio Espana

Sumber : Antara/Xinhua

Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top