Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TONY ABBOTT Dijadwalkan Jumpai SBY Di Sela Lomba Baca Al-Quran. Cairkan Hubungan?

Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono dan PM Australia Tonny Abbott dijadwalkan berjumpa Rabu (4/6/2014) ini di Batam, Kepulauan Riau.
Tony Abbott dan Presiden SBY/Jibiphoto
Tony Abbott dan Presiden SBY/Jibiphoto

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono dan PM Australia Tonny Abbott dijadwalkan berjumpa Rabu (4/6/2014) ini di Batam, Kepulauan Riau.

Dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi I DPR, Selasa (3/6/2014) Menlu Marty Natalegawa menyebutkan ihwal rencana pertemuan tersebut.

“Pertemuan dua kepala negara ini akan menjadi kesempatan untuk menormalisasi kerja sama," kata Marty terkait hubungan RI-Australia yang terganjal kasus penyadapan dan pencari suaka.

Pihak Istana sebelumnya mengungkapkan bahwa pertemuan antara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Perdana Menteri Australia Tony Abbott akan dilangsungkan secara informal di sela acara perlombaan membaca Al Quran.

Pertemuan di Batam, Kepulauan Riau, merupakan forum tertinggi pertama yang dilakukan kedua negara sejak kebijakan penyadapan terhadap sejumlah pejabat tinggi negara Indonesia oleh badan intelejen Australia terungkap ke publik pada tahun lalu.

Hubungan semakin memanas akibat kebijakan anti-imigran yang merupakan program utama Tony Abbott. Selama beberapa bulan terakhir Australia mengusir para pencari suaka yang hendak menuju negara tersebut dengan kapal kecil dan memaksa mereka kembali ke Indonesia.

Pada hari yang sama, di hadapan parlemen Australia, Tony Abbott tidak menyinggung rencana pertemuannya dengan Presiden Yudhoyono.

Namun dia menyatakan bahwa dialog "two plus two" yang akan mempertemukan menteri pertahanan dan menteri luar negeri kedua negara pada beberapa pekan mendatang akan menjadi waktu yang tepat untuk menyelesaikan kode tata laku yang diusulkan Indonesia.

Indonesia menghentikan kerja sama militer dan kepolisian terkait pencegahan pencari suaka menuju Australia setelah skandal spionase terungkap.

Presiden SBY pada Desember telah mempresentasikan 6 poin usulan untuk memperbaiki hubungan kedua negara, termasuk kode tata lalu inteligen.

Kantor PM Australia mengabarkan, dari Indonesia, Abbott direncanakan melanjutkan perjalanan ke Prancis, Kanada, dan Amerika Serikat.

Presiden SBY dijadwalkan datang ke kota Batam pada Rabu ini terkait penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran atau MTQ.

Kota Batam, Kepulauan Riau, menjadi tuan rumah pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran Nasional XXV yang berlangsung pada 5-14 Juni 2014.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Saeno
Sumber : Antara/Reuters

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper