Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SBY Besok Bertemu Abbott di Batam

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan bertemu dengan Perdana Menteri Australia Tony Abbott di sela acara MTQ ke-25 di Batam.
/JIBI
/JIBI

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan bertemu dengan Perdana Menteri Australia Tony Abbott di sela acara MTQ ke-25 di Batam.

Pertemuan tersebut adalah tindak lanjut dari pembicaraan via telepon antara SBY dan Abbott pada Mei lalu.

Kedua kepala pemerintahan akan membicarakan kelanjutan proses pemulihan hubungan Indonesia-Australia yang terganggu akibat kasus penyadapan intelejen Australia atas Presiden dan orang-orang terdekatnya.

Staf Khusus Presiden RI Bidang Hubungan Internasional Teuku Faizasyah mengatakan kemitraan komperhensif Indonesia-Australia baru bisa kembali optimal melalui pemulihan rasa saling percaya.

Kepercayaan itu dapat dicapai melalui kesepakatan tentang tata perilaku hubungan bilateral atau code of conduct Indonesia-Australia.

"Kemitraan Komprehensif akan dapat kembali dioptimalkan manakala kedua negara mampu membangun kembali 'trust' and 'confidence' dengan mengacu pada suatu 'code of conduct'," kata Faiz.

Setelah bertemu Abbott, SBY dijadwalkan bertemu dengan Presiden Singapura Tony Tan Kem Yang pada 5 Juni 2014.

Tony berada di Batam untuk menghadiri acara ramah tamah dengan pengusaha Singapura yang memiliki usaha atau berinvestasi di Batam.

"Pertemuan Presiden Yudhoyono dengan Presiden Tony Tan diharapkan dapat semakin memperkuat modalitas pemajuan kerjasama Tingkat Tinggi, seperti Annual Leaders' Retreat. Pertemuan kedua Presiden tersebut diharapkan dapat mendorong semakin kokohnya persahabatan dan hubungan Indonesia - Singapura," kata Faiz.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper