Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

UJIAN NASIONAL: Siswa Ditantang Menulis Surat kepada Mendikbud

Hasil ujian nasional tingkat SMA/MA/SMK sederajat sudah diumumkan pada 20 Mei 2014. Namun seperti tahun-tahun silam, UN selalu diwarnai pro dan kontra.
Yusran Yunus
Yusran Yunus - Bisnis.com 21 Mei 2014  |  09:23 WIB
UJIAN NASIONAL: Siswa Ditantang Menulis Surat kepada Mendikbud
Siswa menangis histeris ketika dirinya diketahui tidak lulus yang diumumkan, Selasa (20/5). - antara

Bisnis.com, JAKARTA - Hasil ujian nasional tingkat SMA/MA/SMK sederajat sudah diumumkan pada 20 Mei 2014. Namun seperti tahun-tahun silam, UN selalu diwarnai pro dan kontra.

Aroma kecurangan UN beberapa hari terakhir ini mengemuka ke publik perihal kebocoran soal dan beredarnya kunci jawaban, padahal pihak Kemendikbud sudah melakukan berbagai pencegahan diantaranya menambah varian soal hingga 20 paket dan menggunakan barcode. Pelaksanaan UN yang jujur dan berprestasi pun sulit diwujudkan.

Ikatan Guru Indonesia (IGI) akhirnya terpanggil mengurai masalah tersebut dengan menggelar kegiatan Lomba Siswa Menulis Surat Kepada Mendikbud Seputar Ujian Nasional.

Seperti apa syarat dan ketentuan kegiatan tersebut, berikut uraian singkat dari IGI:

Syarat dan ketentuan lomba:

1. Lomba ini terbuka bagi pelajar SMA/MA/SMK (termasuk yang berada di luar negeri), dan/atau lulusan SMA/MA/ SMK tahun 2013 dan 2012, dibuktikan dengan scan KTP/kartu pelajar/kartu mahasiswa. Setiap peserta dapat mengirimkan lebih dari satu naskah.

2. Isi naskah sesuai dengan tema yaitu seputar Ujian Nasional, bisa mengenai konsep dasar UN & US, pelaksanaan UN & US maupun manfaat dan dampak yang ditimbulkan oleh UN & US.

3. Pendaftaran dilakukan bersamaan dengan pengiriman naskah surat dan dikirim ke email: [email protected]

4. Naskah dilampirkan dalam bentuk file doc dan tidak ada identitas peserta di dalamnya. Dilampirkan juga sebuah file doc berisi identitas diri peserta (nama, tanggal lahir, alamat rumah, sekolah sekarang (atau sekolah sebelumnya bila telah lulus tahun lalu), alamat sekolah, nomor telpon/HP yang dapat dihubungi, nomor telpon sekolah.

5. Format penulisan naskah:

- Ukuran kertas A4 - Spasi 1,5 - Font: Times New Roman, size 12 - Margin: atas 3 cm, bawah 3 cm, kanan 3 cm, kiri 4 cm

6. Waktu pelaksanaan lomba:

Dimulai sejak pengumuman ini disebarkan, Kamis 1 Mei 2014, hingga Kamis 24 Mei 2014

7. Kriteria penilaian mencakup: a) sudut pandang dan analisis masalah b) kekuatan membangun argumentasi c) kefasihan dan tata bahasa d) kekuatan dan kelayakan solusi yang ditawarkan. Naskah calon pemenang akan dimintakan surat keterangan keaslian dari sekolah asal dan dari orang tua peserta.

8. Tim juri lomba terdiri dari: guru, pengamat pendidikan, dan editor. Dewan juri ditetapkan oleh Pengurus IGI.

9. Akan dipilih 3 surat nominator. Ketiga naskah nominator tersebut akan dipublikasikan secara terbuka di akun Grup Facebook IGI. Penulis naskah yang terpilih diijinkan mempromosikan tulisan untuk mendapatkan like dan share sebanyak-banyaknya dalam masa 7 (tujuh) hari sejak nominasi diumumkan. Pemenang akan ditentukan berdasar perolehan dukungan (like) terbanyak.

10. Semua naskah surat yang masuk akan menjadi milik panitia. Akan dipilih 15 naskah surat terbaik untuk dibukukan. Semua peserta yang telah mengirimkan naskah sesuai ketentuan akan mendapatkan piagam keikutsertaan lomba.

11. Hadiah untuk pemenang: - Pemenang 1: tablet android 8” + piagam - Pemenang 2: tablet android 7” + piagam - Pemenang 3: tablet android 7” + piagam - 15 naskah yang terpilih untuk dibukukan akan mendapatkan hadiah hiburan

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Ujian Nasional 2014
Editor : Yusran Yunus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top