Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PENGUMUMAN UN SMA/SMK 2014: via SMS, Siswa SMA di Sumbar Lulus 99,60%

Dinas Pendidikan Sumatra Barat mengemukakan tingkat kelulusan dari ujian nasional tingkat SMA sederajat tahun ajaran 2013/214 di provinsi tersebut mencapai 99,60%.
 Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, PADANG - Dinas Pendidikan Sumatra Barat mengemukakan tingkat kelulusan dari ujian nasional tingkat SMA sederajat tahun ajaran 2013/214 di provinsi tersebut mencapai 99,60%.

Kepala Dinas Pendidikan Sumbar, Syamsurizal di Padang, Selasa, mengatakan, dari 70.519 peserta ujian 19 kabuapaten dan kota, sebanyak 282 atau 0,40% di antaranya dinyatakan gagal.

"Kelulusan UN tahun ini cukup menggemberikan walau menurun. Kalau tahun lalu siswa yang tidak lulus 230 dari 68.045 peserta," katanya, seperti dikutip Antara, Selasa (20/5/2014).

Dia berharap daerah yang setiap sekolah yang belum bisa meluluskan seluruh siswanya untuk terus meningkatkan prestasi akademik termasuk meningkatkan sarana dan prasarana penunjang di sekolah.

Berdasarkan data Disdik Sumbar, terdapat sembilan daerah di Sumbar yang belum berhasil meluluskan seluruh siswa jurusan IPA yakni di Kota Padangpanjang, Kota Pariaman, Kabupaten Pasaman, Kabupaten Solok, Pesisir Selatan, Mentawai, Pasaman Barat, Solok Selatan, dan Dharmasraya dengan total 28 orang siswa.

Untuk jurusan IPS, jumlah siswa yang tidak lulus mencapai 195 orang yang tersebar di 16 kota dan Kabupaten. Hanya kota Sawahlunto, Payakumbuh, dan Pariaman yang berhasil meluluskan 100% siswanya. Sementara itu, jurusan bahasa, tercatat satu siswa asal Dharmasraya yang tak lulus. Untuk tingkat madrasah, tercatat empat siswa tidak lulus dari Solok Selatan dan Pesisir Selatan.

Selanjutnya, di tingkat SMK, hanya Kota Bukittinggi dan Kabupaten Padangpariaman yang lulus 100%. Pada tingkat ini, tercatat 54 orang siswa tidak lulus.

Di kota Padang, pengumuman hasil ujian direncanakan akan dilakukan pada pukul 17.00 WIB. Menurut kepala Dinas Pendidikan kota Padang, Indang Dewata, hasil ujian dapat diakses melalui website Dinas Pendidikan Padang, dan dikirimkan melalui pesan singkat (SMS) guna meminimalisasi aksi coret dan konvoi kendaraan.

"Bagi siswa yang tidak lulus jangan putus asa sebab bisa mengikuti program paket C. Jika ingin mengulang juga tidak masalah," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Nurbaiti
Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper