Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kementerian ESDM Usul Kawasan Gunung Berapi Jadi Geopark Dunia

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan mengajukan kawasan terdampak letusan gunung berapi menjadi kawasan geopark (taman bumi) dunia, mengingat wilayah tersebut memiliki kawasan geologi yang unik.
 Gunung Sinabung
Gunung Sinabung

Bisnis.com, JAKARTA—Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan mengajukan kawasan terdampak letusan gunung berapi menjadi kawasan geopark (taman bumi) dunia, mengingat wilayah tersebut memiliki kawasan geologi yang unik.

Menteri ESDM Jero Wacik mengatakan kawasan tersebut menjadi sangat unik dan penting sehingga perlu dilindungi. Selain itu, pencanangan kawasan tersebut menjadi geopark dunia akan meningkatkan perekonomian warga disekitar kawasan tersebut.

“Kami tengah ajukan beberapa kawasan agar dijadikan geopark dunia oleh Unesco. Jika menjadi geopark, tentu perekonomian setempat akan terangkat karena kawasan geopark akan dicatat sebagai warisan budaya dan geologi dunia,” katanya, Rabu (14/5/2014).

Dia menyebutkan saat ini, sedikitnya ada tujuh  kawasan yang tengah diusulkan menjadi kawasan geopark dunia. Ketujuh kawasan tersebut antara lain geopark Merangi di Jambi, geopark Pegunungan Sewu (jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur).

Kemudian geopark Danau Toba di Sumatera Utara, geopark Rinjani di Lombok, geopark Raja Ampat di Papu, geopark Parahyangan di jawa Barat, geopark Maros Toraja di Sulawesi Selatan.

Hingga saat ini, Indonesia baru memiliki satu kawasan geopark yang diakui dan disetujui oleh Unesco menjadi geopark dunia, wilayah tersebut adalah geopark Batur di Bali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nurbaiti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper