Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Indonesia Kekurangan Geopark

Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral menilai Indonesia perlu menambah taman bumi atau geopark. Geopark ini dapat menjaga lingkungan dari kerusakan dan dapat mensejahterakan masyarakat.
M. Taufiqur Rahman
M. Taufiqur Rahman - Bisnis.com 14 Mei 2014  |  19:23 WIB
Pegunungan hijau. Indonesia kekuarangan geopark - JIBI
Pegunungan hijau. Indonesia kekuarangan geopark - JIBI

Bisnis.com,JAKARTA—Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral menilai Indonesia perlu menambah taman bumi atau geopark. Geopark ini dapat menjaga lingkungan dari kerusakan dan dapat mensejahterakan masyarakat.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik mengatakan optimalisasi potensi geopark tentu akan memberikan nila tambah bagi pemerintah daerah dan juga masyarakat sekitar. Untuk itu, dia meminta gubernur, bupati atau walikota yang hadir dalam rapat koordinasi (rakor) di kementerian ESDM untuk mengoptimalkan potensi yang ada.

“sekarang kita sudah punya geopark yang diakui oleh Unesco. Tetapi ini belum cukup, harus ada lagi geopark yang mendapat predikat yang sama dari Unesco,” katanya, Rabu (14/5/2014).

Jero berpendapat memuliakan bumi akan mensejahterakan rakyat. Karena itu, pemerintah daerah harus menjaga kelestarian lingkungan di tempatnya memimpin.

Geopark atau Taman Bumi merupakan sebuah konsep pengembangan kawasan dimana situs-situs warisan geologi (geoheritage) menjadi bagian dalam konsep perlindungan, pendidikan dan pembangunan berkelanjutan secara holistik dan sinergi antara keragaman geologi, biologi, dan budaya sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari geopark-khususnya nilai bentang alam dan geologinya (UNESCO-2010).

Sebagai catatan, saat ini terdapat 100 kawasan geopark global yang tersebar di 27 negara yang tergabung dalam Global Geopark Network (GGN) UNESCO dan Indonesia memiliki 1 geopark yaitu taman bumi Batur yang terletak di timur laut Bali.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

global geopark
Editor : Ismail Fahmi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top