Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

VIRUS MERS CoV: Calon Jamaah Haji Wajib Jaga Kebugaran Tubuh

Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengimbau seluruh calon jamaah haji supaya menjaga kondisi kebugaran tubuh, sehingga tidak mudah terserang virus korona (MERS-CoV) sebelum dan saat menunaikan ibadah haji.
 Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, KULON PROGO - Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengimbau seluruh calon jamaah haji supaya menjaga kondisi kebugaran tubuh, sehingga tidak mudah terserang virus korona (MERS-CoV) sebelum dan saat menunaikan ibadah haji.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kulon Progo Bambang Haryatno mengatakan menjaga kebugaran tubuh sangat penting bagi calon jamaah haji, sebelum mereka berangkat ke tanah suci, sebagai imun dari serangan berbagai virus, khusunya MERS-CoV.

"Hingga kini belum ada obat penangkal virus MERS-CoV. Penangkal penyakit ini adalah kebugaran tubuh," kata Bambang, seperti dikutip Antara, Senin (12/5/2014).

Selain wajib menjaga kebugaran tubuh, lanjut Bambang, selama di tanah suci calon jamaah haji harus mengenakan masker.

"Yang tidak kalah penting selalu menerapkan perilaku hidup bersih," kata Bambang.

Hal yang sama dikatakan Kepala Bidang Pelayanan Medis Dinkes Kulon Progo Ananta yang menyatakan salah satu cara untuk mengantisipasi terkena virus MERS-CoV, calon jamaah haji harus menjaga kebugaran tubuh.

Dia mengatakan virus MERS-CoV yang menyerang masyarakat di Arab dan Medan (Sumatra Utara) tanda-tandanya yakni demam dan sesak nafas.

"Sebelum berangkat ke Tanah Suci, Arab, calon jamaah haji harus imunisasi menginitis. Itupun belum menjamin 100%. Sebab, saat di Arab, terkadang kondisi kesehatan jamaah menurun, sehingga mempercepat masuknya virus MERS - CoV," kata Ananta.

Ananta mengatakan Dinkes Kulon Progo telah melakukan pemeriksaan kesehatan 190 dari 202 calon jamaah haji. Tes kesehatan meliputi tensi, kondisi kebugaran jasmani, tekanan darah.

"Tes kesehatan ini wajib. Hal ini untuk mengetahui kondisi kesehatan jamaah. Sehingga saat di Tanah Suci, petugas sudah siap-siap mengantasipasi segala kemungkinan yang akan terjadi," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : News Editor
Editor : Nurbaiti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper