Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

VIRUS MERS: Bandara Sepinggan Pasang Alat Pendeteksi Suhu Tubuh

Pengelola Bandara Sepinggan telah menginstalasi alat pendeteksi suhu tubuh atau thermal scanner sehingga bisa menjadi salah satu upaya dalam mengantisipasi masuknya virus Middle East Respiratory Syndrome (MERS).
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Pengelola Bandara Sepinggan telah menginstalasi alat pendeteksi suhu tubuh atau thermal scanner sehingga bisa menjadi salah satu upaya dalam mengantisipasi masuknya virus Middle East Respiratory Syndrome (MERS).

Kepala Departemen Keamanan Bandara Sepinggan Balikpapan Sugiono mengatakan alat tersebut dipasang sesuai dengan rekomendasi dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

Peletakan satu alat tersebut berada di Terminal Kedatangan Internasional sehingga bisa langsung mengidentifikasi ketika ada penumpang yang memiliki suhu tinggi.

“Alatnya sudah terpasang sejak awal jauh sebelum heboh virus ini. Sampai sekarang juga belum ada laporan dari KKP mengenai kejadian penumpang yang suspect,” ujarnya kepada Bisnis, Senin (12/5/2014).

Dia menyebutkan belum ada kebijakan tambahan untuk menambah lagi unit thermal scanner tersebut. Pihaknya hanya akan mengoptimalkan pemantauan penumpang agar lebih intensif dan bisa terdeteksi secara keseluruhan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Dyah Muryani mengatakan belum ada laporan dari rumah sakit terkait dengan adanya pasien yang terjangkit MERS. Dia menyebutkan gejala virus MERS diantaranya lain flu, demam, dan batuk yang juga disertai dengan kesulitan bernafas.

"Karenanya masyarakat juga harus mengenali gejala-gejalanya untuk menghindari virus itu," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sepudin Zuhri

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper