Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kerjasama Pendidikan: ITB Jalin Kerjasama dengan TERI University

Institut Teknologi Bandung menjalin kerjasama dengan universitas kenamaan India, TERI University. Penandatanganan kesepakatan dilakukan di Jakarta, Senin (5/5/2014).
Penandatanganan MoU ITB-TERI University/Bisnis.com-istimewa
Penandatanganan MoU ITB-TERI University/Bisnis.com-istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Institut Teknologi Bandung menjalin kerjasama dengan universitas kenamaan India, TERI University. Penandatanganan kesepakatan dilakukan di Jakarta, Senin (5/5/2014).

Rektor ITB Prof. Akhmaloka menilai India sebagai negara yang memiliki kesamaan permasalahan dengan Indonesia.

“Jika menjalin kerjasama dengan sesama negara berkembang, interaksi diharapkan akan lebih baik. Kalao kerjasama dengan negara maju, terkadang sifatnya hanya searah, seolah kita yang seeking sesuatu. Kalau bisa dua arah (seperti dengan India) saya kira bisa lebih challenging,” kata Akhmaloka di Jakarta.

Untuk sementara, fakultas yang langsung terlibat dengan program kerjasama ini yaitu Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK), Fakultas Teknik Industri (FTI), Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan, serta Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL).

 “Fakultas-fakultas tersebut terlibat karena kerjasama juga meliputi beberapa peneilitian dan pengembangan terkait, seperti ketahanan energi, pembangunan berkelanjutan, pengembangan wilayah, dan isu-isu lingkungan,” jelas Akhmaloka.

Hal senada disampaikan Duta Besar India untuk Indonesia, Gurjit Singh. Ia berpendapat, kerjasama penelitian pada bidang-bidang  di atas diharapkan dapat bermanfaat bagi masa depan Indonesia dan India.

“Kami senang kolaborasi ini dapat terwujud. Pada dasarnya, India terbuka untuk bekerjasama dengan negara manapun. Di Asean, Indonesia adalah negara pertama yang melakukan MoU (memorandum of understanding) dengan India untuk kerjasama seperti ini,” kata Singh.

Kegiatan kerjasama nantinya akan berbentuk pertukaran mahasiswa, pertukaran profesor, dan program double degree.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dara Aziliya
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper