Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KRISIS UKRAINA: 2 Pejabat Pro-Rusia Dituduh Dalangi Kerusuhan Odessa

Agen Keamanan Ukraina SBU menyatakan kelompok militer ilegal dari Provinsi Transdniestria dan pasukan Rusia bekerja sama membuat kerusuhan di kota pelabuhan Odessa.
Kerusuhan di Ukraina/Reuters
Kerusuhan di Ukraina/Reuters

Bisnis.com, KIEV - Agen Keamanan Ukraina SBU menyatakan kelompok militer ilegal dari Provinsi Transdniestria dan pasukan Rusia bekerja sama membuat kerusuhan di kota pelabuhan Odessa. 

Kerusuhan tersebut, yang terjadi sepanjang Jumat malam hingga Sabtu pagi, mengakibatkan sedikitnya 42 orang tewas, ratusan orang luka-luka dan ratusan lain ditahan polisi setempat. 

"Kerusuhan yang terjadi mulai 2 Mei dan mengakibatkan banyak korban jiwa tersebut dipandu oleh militer asing," ujar Jubir SBU, seperti dikutip Reuters, Sabtu (3/5/2014). 

Ukraina memang sejak lama menuduh Rusia menyuplai intelijen dan persenjataan kepada milisi di belahan selatan dan timur Ukraina. 

Pada saat bersamaan, Ukraina juga menuduh demonstran di perbatasan membantu patron mereka Kremlin untuk terus melakukan destabilisasi di dalam teritorial Ukraina. 

Moskwa selalu membantah tuduhan tersebut, tetapi tetap menyatakan berhak melindungi kota-kota yang mayoritas warganya berbahasa Rusia. 

Juru Bicara SBU itu menambahkan, ada dua pejabat tinggi pro-Rusia yang mendanai kerusuhan Odessa, yang merupakan orang-orang kepercayaan presiden terguling Viktor Yanukovich. 

"Saya akan beritahu kalian siapa yang bertanggung jawab atas kerusuhan berdarah di Odessa itu: Serhiy Arbuzov dan Oleksander Klymenko," ungkapnya. 

Arbuzov sendiri belum memberikan komentar terkait dengan pernyataan SBU tersebut. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arys Aditya
Editor :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper