Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kebersihan Kota: Balikpapan Bertekad Pertahankan Adipura Kencana

Pemerintah Kota Balikpapan menargetkan bisa mempertahankan Piala Adipura Kencana sebagai penghargaan dalam upaya menjaga dan mempertahankan kebersihan kota.
Ilustrasi-Piala Adipura
Ilustrasi-Piala Adipura

Bisnis.com, BALIKPAPAN -- Pemerintah Kota Balikpapan menargetkan bisa mempertahankan Piala Adipura Kencana sebagai penghargaan dalam upaya menjaga dan mempertahankan kebersihan kota.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Setdakot Balikpapan Sudirman Djayaleksana mengatakan berdasarkan hasil penilaian tahap pertama yang dilakukan pada Oktober lalu, Balikpapan masih berhak untuk mengikuti penilaian selanjutnya karena angka penilaiannya mencapai 73.

“Jadwal penilaiannya kalau tidak akhir April ya awal Mei. Namun, tanggalnya tergantung tim penilai,” ujar Sudirman kepada wartawan, Senin (28/4/2014).

Dalam penilaian sebelumnya, Sudirman mengatakan ada tiga hal yang harus diperbaiki yakni pengelolaan sampah, penghijauan, dan kebersihan pasar.

Karena itu, dia berharap seluruh elemen masyarakat bisa mendukung pemerintah daerah dalam merealisasikan target mempertahankan Piala Adipura Kencana.

Berdasarkan kriteria penilaian, bobot nilai antara fisik dan nonfisik untuk penghargaan Adipura terdiri dari 75% fisik dan 25% nonfisik. Penentuan titik pantau secara acak dan berbeda setiap tahunnya dan dapat merepresentasikan kondisi seluruh kota.

Apabila penilaian tahap kedua bisa berada di atas angka 73, selanjutnya akan dilakukan pemantauan verifikasi di lapangan.

Pemantauan verifikasi dilakukan hanya dengan mengambil titik pantau yang nilai antara nilai tahap pertama dan kedua sangat signifikan melampaui 3 s.d. 5 poin.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper