Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pusat Diminta Ikut Danai Pembenahan DAS Citarum

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menjamin daerah aliran sungai (DAS) Citarum sepanjang 80 kilometer bisa bersih jika pemerintah pusat mengucurkan dana sebesar Rp1 triliun.

Bisnis.com, BANDUNG--Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menjamin daerah aliran sungai (DAS) Citarum sepanjang 80 kilometer bisa bersih jika pemerintah pusat mengucurkan dana sebesar Rp1 triliun.
 
Gubernur Heryawan mengatakan jika anggaran sebesar itu bisa disediakan pemerintah pihaknya menjamin sungai terpanjang di Indonesia tersebut bisa bersih dan tuntas dalam waktu setahun.

Menurutnya anggaran tersebut bisa menuntaskan persoalan sosial dan ekonomi yang menjadi penyebab kotornya Citarum selama ini.
 
"Program saya ini dipuji pemerintah pusat, pertanyaan mereka kenapa Jabar hanya menargetkan 0-20 kilometer pertama yang bersih,kenapa tidak 80 kilometer?" katanya saat mengunjungi Kantor Perwakilan Bisnis Indonesia Jawa Barat, di Bandung, Rabu (23/4/2014).
 
Pihaknya hanya bisa menyediakan anggaran untuk 0-20 kilometer pertama bersih pada 2014 ini sebesar Rp100 miliar.

Program ini akan mulai digelar pada 2014 dengan mengambil posisi hulu Citarum di Cisanti hingga Majalaya, Kabupaten Bandung.

Menurutnya di 20 kilometer pertama ini ada sejumlah persoalan dari lahan kritis, pemukiman, peternakan rakyat hingga industri TPT. Tim bersama nantinya akan merancang produk bersama lewat rencana aksi multipihak.
 
“Ada sederetan pekerjaan, fungsi waktu, fungsi ruang, dan dana yang dibuat oleh tim bersama,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Herdi Ardia
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper