Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Polri Buka Pendaftaran Taruna Kepolisian, Ini Persyaratannya

Setelah pendaftaran bintara Polri ditutup pada 19 April, kini Polri membuka pendaftaran bagi masyarakat yang hendak tergabung di kepolisian sebagai taruna dan taruni akademi kepolisian.
Nadya Kurnia
Nadya Kurnia - Bisnis.com 21 April 2014  |  19:51 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah pendaftaran bintara Polri ditutup pada 19 April, kini Polri membuka pendaftaran bagi masyarakat yang hendak tergabung di kepolisian sebagai taruna dan taruni akademi kepolisian.

Kepala Bagian Penerangan Umum Mabes Polri Kombes Pol. Agus Rianto mengatakan pendaftaran dibuka mulai 19 April hingga 25 Mei. Persyaratan untuk mendaftar sebagai taruna dan taruni Polri sedikit berbeda dari persyaratan pendaftaran bintara Polri.

"Kami mulai buka pendaftaran taruna taruni Akpol. Tinggi minimum pendaftar pria163 cm dan wanita 160 cm. Untuk persyaratan intelektual, bagi akpol memang beda. Kalau brigadir kami terima SMA dan sederajat, tetapi di Akpol hanya terima SMA atau madrasah aliyah," jelasnya, Senin (21/4/2014).

Mengenai persyaratan akademik, untuk mendaftar sebagai taruna dan taruni Akpol, pendaftar harus memiliki rata-rata nilai ujian nasional minimal 8, dan memiliki skor TOEFL minimal 500.

Lebih lanjut, Agus mengatakan, nantinya para taruna dan taruni yang dinyatakan lolos semua tahap seleksi akan mengikuti pendidikan selama 4 tahun. Rencananya, tahun ajaran pendidikan akan dibuka pada 25 Juli mendatang.

Untuk kuota yang dibutuhkan, Agus mengaku belum mengetahui kebutuhan secara pasti. "Kuotanya butuh berapa, saya belum dapat berapanya. Tapi kita buka pendaftaran saja dulu," imbuhnya.

Sementara itu, seusai pendaftaran bintara resmi berakhir pada 19 April lalu, terdata sebanyak 342.251 orang mendaftarkan diri untuk bergabung dalam kepolisian sebagai bintara Polri. Dari jumlah tersebut, 192.816 peserta dinyatakan lolos tahap verifikasi.

"Oleh karena itu, kami dari kepolisian menyampaikan terimakasih kepada para orangtua dan adik-adik yang punya minat tinggi untuk bergabung di Polri," imbuhnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

polisi
Editor :

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top