Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Agresif di Ukraina, Rusia Ingin Kembali Jadi Adi Daya

Pakar menilai langkah agresif Rusia di Ukraina sebagai bentuk ambisi Moskwa untuk memulihkan statusnya sebagai negara adidaya pasca keruntuhan Uni Soviet.
Arys Aditya
Arys Aditya - Bisnis.com 18 April 2014  |  12:10 WIB
Jelas Rusia ingin Ukraina di bawah pengaruhnya. Kalau Ukraina dikuasai Barat, maka ancaman bagi supremasi Rusia di Eurasia.  - bisnis.com
Jelas Rusia ingin Ukraina di bawah pengaruhnya. Kalau Ukraina dikuasai Barat, maka ancaman bagi supremasi Rusia di Eurasia. - bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA – Pakar menilai langkah agresif Rusia di Ukraina sebagai bentuk ambisi Moskwa untuk memulihkan statusnya sebagai negara adidaya pasca keruntuhan Uni Soviet.

Hal ini dibuktikan dengan tindakan Kremlim menganeksasi Crimea dan mendalangi kelompok separatis di belahan timur Ukraina.

"Agresi itu menjadi cara untuk ekspansi kekuasaan. Bagi rusia eurasia tetap kawasan vital yang gak boleh jatuh ke tangan barat," kata Dosen Hubungan Internasional Universitas Diponegoro Mohammad Rosyidin, Jumat (18/4/2014).

Rosyidin mengatakan, kebijakan ekspansif yang dilakukan Rusia itu mirip dengan apa yang mereka lakukan di Georgia beberapa tahun lalu, yang membuat hubungan Rusia-Barat retak.

"Jelas Rusia ingin Ukraina di bawah pengaruhnya. Kalau Ukraina dikuasai Barat, maka ancaman bagi supremasi Rusia di Eurasia," ujarnya.

Sebelumnya, Kamis pekan ini pasukan militer Ukraina berhasil menewaskan 3 anggota milisi pro-Rusia yang mencoba menduduki kantor pemerintah di Kota Mariupol, yang letaknya hanya 120 km dari perbatasan Rusia-Ukraina.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

rusia ukraina
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top