Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pakta Perdagangan Australia-Jepang Dekati Kata Sepakat

Australia dan Jepang hampir mendekati kata sepakat terkait pembahasan kerjasama perdagangan yang terangkum dalam pakta Trans-Pasific Partnership (TPP).

Bisnis.com, TOKYO— Australia dan Jepang hampir mendekati kata sepakat terkait pembahasan kerjasama perdagangan yang terangkum dalam pakta Trans-Pasific Partnership (TPP).

Selain membicarakan mengenai perdagangan, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengatakan pihaknya juga ingin mengkonfirmasi kerjasama lebih lanjut, termasuk kerjasama pertahanan keamanan.“Australia adalah partner strategis Jepang,” tambah Abe di Tokyo, Senin (7/4).

Jika negoisasi bilateral antara Australia dan Jepang telah tercapai, maka itu akan mendorong pencapaian lebih jauh terkait pakta perdagangan TPP.

Berdasarkan narasumber yang menolak disebutkan namanya, Jepang akan menurunkan tarif impor daging sapi hingga 20% dari 38,5% sedangkan Australia hanya akan menurunkan tarif 5% terhadap produk otomotif Jepang ukuran kecil dan sedang.

“Saya optimistis negosiasi panjang pada perjanjian bilateral kedua negara akan segera terwujud,” kata Perdana Menteri Australia Tony Abbot.

Sekadar informasi, nilai kerjasama perdagangan bilateral antara Australia dan Jepang telah mencapai US$69,2 miliar selama 12 bulan yang lalu.  

Negoisasi perdagangan bebas dalam kerangka TPP melibatkan antara lain Kanada, Meksiko, Selandia Baru, dan Malaysia. Seharusnya, negoisasi TPP selesai pada akhir tahun lalu, tetapi negoisasi yang alot mneyebabkan kesepakatan tak kunjung diraih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper