Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kemdikbud Terbitkan SE Penyediaan Buku Kurikulum 2013

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menerbitkan Surat Edaran (SE) Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Pendidikan, Nomor 36250/WMP/KR/2014, tanggal 24 Maret 2014 tentang Penyediaan Buku Kurikulum 2013 pada 2014 kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota Se-Indonesia
Muhammad Khamdi
Muhammad Khamdi - Bisnis.com 01 April 2014  |  21:44 WIB
Kemdikbud Terbitkan SE Penyediaan Buku Kurikulum 2013
Ilustrasi - Bisnis

Bisnis.com,JAKARTA- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menerbitkan Surat Edaran (SE) Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Pendidikan, Nomor 36250/WMP/KR/2014, tanggal 24 Maret 2014 tentang Penyediaan Buku Kurikulum 2013 pada 2014 kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota Se-Indonesia.

Surat edaran tersebut menginformasikan bahwa pada tahun ajaran 2014/2015, pemerintah akan melanjutkan pelaksanaan kurikulum 2013 di semua satuan pendidikan, yaitu sekolah dasar (SD) kelas 1, 2, 4, dan 5, sekolah menengah pertama (SMP) kelas 7 dan 8, serta sekolah menengah atas (SMA) dan sekolah menengah kejuruan (SMK) kelas 10 dan 11. Kemudian untuk mendukung pelaksanaan kurikulum akan disediakan buku siswa dan guru, pelatihan guru, pendampingan, serta monitoring dan evaluasi.

“Dengan diluncurkannya surat edaran ini mulai dari sekarang sekolah diharapkan mendata ada berapa jumlah siswa, kemudian dalam waktu dekat akan ada juknis dari Direktorat Jenderal Dikmen dan Dikdas bagaimana cara membeli buku. Buku harus dibeli kepada pemenang lelang yang sudah ditunjuk oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintahan (LKPP),” tutur Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Bidang Pendidikan, Musliar Kasim, dalam laman Kemdikbud, Selasa (1/4/2014).

Adapun informasi lain dalam surat edaran tersebut, yaitu buku siswa dan buku guru untuk semester I dibeli melalui BOS ditambahkan Bantuan Sosial (Bansos) Buku untuk SD dan SMP, sedangkan penyediaan buku semester II dibeli melalui DAK atau APBD. Buku siswa dan guru semester I sedang dalam proses lelang oleh LKPP dengan sistem kontrak payung. Selanjutnya sekolah membeli buku semester I langsung kepada penyedia buku yang menang lelang selambat-lambatnya minggu kedua bulan Juli tahun 2014.

Kemudian juga diinformasikan kepada sekolah agar terus memperbarui Dapodik, terutama untuk data jumlah siswa perkelas, jumlah guru perkelas atau per-mata pelajaran, serta jumlah siswa dan guru sesuai agama yang dianut untuk kepentingan pengadaan buku semester II. Serta dalam surat edaran Wamendik mengharapkan untuk segera meneruskan dan mengkoordinasikan informasi surat edaran ini kepada semua satuan pendidikan yang ada di wilayah atau daerah untuk dapat dilaksanakan, agar implementasi kurikulum 2013 pada tahun 2014/2015 berjalan dengan lancar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

buku kurikulum 2013
Editor : Linda Teti Silitonga

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top