Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PENCARIAN MH 370: Malaysia Siap Ungkap Transkrip Percakapan Pilot & ATC?

Menteri Transportasi Acting Datuk Seri Hishammuddin Tun Hussein mengatakan transkrip percakapan antara pilot MH370 yang hilang dan pengendali lalu lintas udara ( ATC ) hanya akan terungkap jika para ahli memberikan persetujuan.
Menteri Transportasi Datuk Seri Hishammuddin Tun Hussein (dua dari kanan)/www.themalaymailonline.com
Menteri Transportasi Datuk Seri Hishammuddin Tun Hussein (dua dari kanan)/www.themalaymailonline.com

Bisnis.com, KUALA LUMPUR - Menteri Transportasi Datuk Seri Hishammuddin Tun Hussein mengatakan transkrip percakapan antara pilot MH370 yang hilang dan pengendali lalu lintas udara ( ATC ) hanya akan terungkap jika para ahli memberikan persetujuan.

Ia mengatakan ini saat merespon pertanyaan tentang komunikasi terakhir antara pilot dan ATC, yang dikatakan memiliki dua versi yang berbeda dari transkrip, terungkap kepada publik.

Hishammuddin mengatakan hari ini, Senin (31/3/2014) bahwa dia tidak yakin jika pernyataan itu dikeluarkan oleh Biro Investigasi Federal ( FBI ).

"Saya tidak begitu yakin tentang itu, tapi saya bisa mengkonfirmasikan keterlibatan pribadi saya sendiri dengan penyelidikan yang berhubungan dengan FBI dari hari pertama."

"Transkrip merupakan bagian dari penyelidikan. Jika begitu penting bagi Anda, biarkan aku bicara dengan para ahli dan meminta apakah mereka dapat atau tidak dapat mengungkapkan."

"Kalau bisa terungkap, kami akan mengungkapkannya," katanya dalam konferensi pers rutin  dari  tim operasi pencarian dan penyelamatan ( SAR )  di Putra World Trade Centre ( PWTC ), Senin (31/3/2014).

Sementara itu, ia mencatat bahwa semua panel pertanyaan sudah di tempat dan  kebenaran akan menang dan akan berada di luar sana.

"Pada dasarnya, jika Anda mengajukan pertanyaan yang merupakan bagian dari penyelidikan, tentang transkrip, Anda harus bersikap adil kepada kami karena hanya mereka yang sedang melakukan investigasi dapat memberi kita OK."

Hishammuddin mengatakan  ia akan bertanggung jawab kepada komisi kerajaan atau  komite parlemen dan dewan penyelidikan internasional.

"Jadi kami tidak menyembunyikan apa pun. Kami hanya mengikuti prosedur yang telah ditetapkan," tegasnya.

Ditanya tentang informasi penyelidikan yang berhubungan dengan transkrip wawancara istri pilot, yang diduga diungkapkan oleh polisi ke Daily Mail Inggris, dia mengatakan hal itu tidak diungkap oleh polisi.

"Dan bagaimana Daily Mail mendapatkan transkrip, Anda harus bertanya kepada Daily Mail," kata Hishammuddin.

terkait masalah informasi yang terungkap di luar konferensi pers dan spekulasi tentang diagram di Google atau situs-situs internet lain, ia mengatakan ia bisa mengkonfirmasi atau discount mereka .

"Saya tidak bisa mengkonfirmasi atau discount. Saya hanya dapat bergantung pada apa yang saya telah dikonfirmasi di PC saya [konferensi pers]. Aku tidak akan berdebat tentang itu di sini. Kami memiliki PC kita setiap hari. Jika itu adalah sesuatu yang diinformasikan oleh kami, saya akan menjelaskan itu," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : www.themalaymailonline.com/Bernama
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper