Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Tiga Partai Yang Diprediksi Menguasai Elektabilitas

Lembaga Survei Charta Politika Indonesia baru saja merilis hasil surveinya. Dari sisi elektabilitas ada tiga partai yang secara statistik berada di papan atas pertarungan pemilu legislatif.

Bisnis.com, JAKARTA -- Lembaga Survei Charta Politika Indonesia baru saja merilis hasil surveinya. Dari sisi elektabilitas ada tiga partai yang secara statistik berada di papan atas pertarungan pemilu legislatif.

Menurut  Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia, Yunarto Wijaya, dari hasil survei PDI Perjuangan, Golkar dan Gerindra berada di posisi tiga besar yang sulit dikejar oleh partai lain. Data dari survei yang dilakukan pada awal Maret 2014 ini tidak jauh berbeda dari survei yang telah dilakukan Charta Politika pada Desember 2013 lalu.  "Pada survei yang lalu (Desember 2013) memang menetapkan ketiga partai ini di posisi tiga besar," ujarnya di acara Rilis Survei Nasional, Jakarta, Rabu (26/3/2014)

Data terbaru itu menunjukkan, suara PDIP naik daru 15,8% (Desember 2013) menjadi 21,2% (Maret 2014. Golkar naik dari 12,6% ke 16,4%, serta Gerindra naik dari 7,8% ke 12%. "Data ini semakin menguatkan bahwa Gerindra sudah menggeser posisi Demokrat dari posisi tiga besar," katanya.

Sementara di papan tengah bercokol Partai Demokrat, PKB dan PPP. Pada survei Maret 2014, Demokrat mendapatkan 8% suara, disusul PKB 7,2% dan PPP 5,1%.

Charta Politika Indonesia melakukan survei opini publik ini secara nasional pada 1-8 Maret 2014, melalui wawancara tatap muka. Populasi survei adalah WNI berusia 17 tahun ke atas, dengan jumlah sampel 1200 responden. Margin of error (MoE) sebesar +/-2,83% pada tingkat kepercayaan 95%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper