Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

CIA Mata-matai Anggota Senatnya Sendiri

Ketua Komite Senat AS menuduh CIA melakukan pengintaian terhadap anggota Kongres dan kemungkinan melanggar hukum
Parlemen AS
Parlemen AS

Bisnis.com, WASHINGTON—Sengketa antara CIA dan Senat AS kembali terjadi setelah Ketua Komite Senat AS menuduh CIA melakukan pengintaian terhadap anggota Kongres dan kemungkinan melanggar hukum.

Senator veteran Partai Demokrat Dianne Feinstein mengatakan bahwa CIA telah melakukan pelacakan dari komputers yang digunakan oleh staf anggota komite yang membahas dokumen-dokumen CIA.

Hal itu terjadi karena komite sedang membahas tingkah polah CIA dalam operasi kontra-terorisme dan metode interogasi yang kejam seperti waterboarding.

Berbicara di hadapan Senat, Feinstein memaparkan bahwa pihaknya telah melakukan investigasi mengenai bagaimana CIA melakukan program-program tersebut, yang dimulai pasca peristiwa 11 September 2011 di bawah komando Presiden George W. Bush.

“Saya sangat cemas terhadap tingkah laku CIA yang melacak komputer anggota komite, yang kemungkinan melanggar prinsip pemisahan kekuasaan yang tertuang di Konstitusi,” tuturnya seperti dikutip Reuters, Rabu (12/3/2014).

Feinsten, yang dikenal memiliki relasi kuat dengan agensi intelijen AS, memaparkan bagaimana Departemen Kehakiman pernah diminta izin oleh dua kantor CIA yang berbeda, dengan alasan ingin menyelidiki para anggota komite yang dinilai juga melanggar hukum.

Secara terpisah, Kepala CIA John Brennan menyangkal tuduhan Feinstein.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arys Aditya

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper