Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tanya Jawab Pakar Seputar Hilangnya Malaysia Airlines MH370

Berikut ini tanya jawab seputar misteri hilangnya Malaysia Airlines Flight MH370 dengan koresponden New York Times Matthew L. Wald.
Proses pencarian Malaysia Airlines/Reuters
Proses pencarian Malaysia Airlines/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Berikut ini tanya jawab seputar misteri hilangnya Malaysia Airlines Flight MH370 dengan koresponden New York Times Matthew L. Wald.

Berikut ini petikan tanya jawab tersebut seperti dikutip dari The New York Times, Rabu (12/3/2014).

Bagaimana mungkin Boeing 777 hilang? Bukankah mereka selalu dilacak oleh radar atau satelit?

Jawaban: Cakupan radar tidak universal, terutama di atas air. Di daerah tanpa radar, pilot umumnya memerlukan radio dalam posisi mereka pada interval yang tetap, sebagian besar untuk memastikan bahwa pengendali lalu lintas udara dapat menjaga pesawat dari rute penerbangan pesawat yang lain. Antara interval, sesuatu bisa salah.

Pesawat seperti 777 juga memiliki sistem otomatis yang mengirimkan data pada kinerja mesin dan fungsi teknis lainnya. Sinyal tersebut dikirim ke basis pemeliharaan, tidak ke kontrol lalu lintas udara.

Air France menggunakan sinyal tersebut untuk membantu menentukan apa yang terjadi ketika pesawat Air France dengan penerbangan 447 hilang di atas lautan Atlantik. Penyidik dapat melakukan sesuatu yang mirip di Kuala Lumpur .

Pesawat paling sering terjadi kecelakaan saat mendarat atau lepas landas, tapi penerbangan ini menghilang hampir satu jam setelah lepas landas ketika sedang terbang. Apa yang bisa menyebabkan itu?

Jawaban: Dalam 3 kecelakaan pesawat di laut dalam beberapa tahun terakhir, sistem kecepatan-sensing pesawat ini tidak berfungsi (malfungsi). Dalam dua kasus tersebut, awak gagal untuk mendiagnosa dan mengatasi masalah. Kasus ketiga, mungkin ada yang bisa mereka lakukan. Sebuah tindakan yang disengaja oleh pilot, terorisme atau serangan di kokpit bisa menjadi penyebab lain.

Bukankah sinyal dari transponder atau "kotak hitam" telah menunjukkan posisi pesawat sekarang?

Jawaban: Jika kotak hitam dalam air, yang memancarkan nada, diaktifkan. Tapi ini hanya terdengar di wilayah yang terbatas. Dan pesawat tidak mungkin di dalam air.

Mengapa pihak berwenang tidak menemukan puing-puing setelah begitu lama melakukan pelacakan?

Jawaban: Mereka mungkin tidak akan mencari di tempat yang tepat. Pesawat terbang pada 10 mil per menit dan tidak ada yang tahu pasti kapan itu jatuh, atau apakah pesawat itu berangkat track yang ditugaskan sebelum terjadi kecelakaan.

Seberapa jauh dari lokasi pesawat hilang dari komunikasi terakhir yang diketahui?

Jawaban: Sementara kita tahu di mana kontak radio terakhir, kita tidak tahu berapa lama setelah itu pesawat jatuh, sehingga sulit untuk mengatakan. Sebuah pesawat jet jelajah pada ketinggian 35.000 kaki bisa meluncur sejauh 80 atau 90 kilometer setelah kehilangan tenaga mesin jika pilot masih memiliki kendali .

Apakah ada tanda-tanda bahwa terorisme mungkin terlibat?

Jawaban: Tidak ada kelompok yang telah mengklaim telah menghancurkan pesawat. Di luar itu, tidak cukup diketahui untuk berspekulasi .

Jika pesawat memiliki kerusakan besar, bukankah pilot seharusnya meminta bantuan dan mengirimkan sinyal bahaya?

Jawaban: Pilot memiliki mantra untuk menetapkan prioritas dalam keadaan darurat: terbang, navigasi, dan berkomunikasi. Prioritas pertama adalah untuk menerbangkan pesawat. Menginformasikan kepada pengendali lalu lintas udara di banadara tentang apa yang terjadi itu prioritas ketiga, karena melakukan hal itu adalah tidak mungkin untuk segera menghasilkan bantuan dengan krisis di kokpit, apapun itu.

Jika pilot berjuang untuk menjaga pesawat tinggi-tinggi, mereka mungkin tidak punya waktu untuk menggunakan radio komunikasi.

Bisakah salah satu pilot telah sengaja menjatuhkan pesawat?

Jawaban: Sudah diketahui terjadi: Kecelakaan dari penerbangan EgyptAir dari Bandara Internasional Kennedy pada 1999 dan penerbangan SilkAir di Indonesia pada 1997 dikaitkan dengan tindakan yang disengaja oleh anggota awak kokpit . Tapi tidak ada yang belum diketahui publik untuk menunjukkan bahwa yang terjadi pada penerbangan Malaysia Airlines adalah seperti itu.

Apakah ada pesawat lainnya yang menghilang dengan cara seperti MalaysiaAir dalam beberapa tahun terakhir?

Jawaban: Tidak ada catatan dari pesawat besar hilang dengan sesederhana itu, meskipun mereka mungkin memerlukan beberapa waktu untuk menemukannya. Beberapa potongan puing-puing dari pesawat Air France 447 yang terlihat mengambang di Atlantik sehari setelah pesawat jatuh pada Juni 2009, tetapi butuh waktu lima hari untuk menemukan sebagian besar reruntuhan lain dari pesawat itu. Pesawat kecil mungkin hilang lebih lama jika mereka turun di daerah terpencil. Steve Fossett , petualang pemberani yang terbang mengelilingi dunia dalam pesawat, lepas landas di pesawat pribadinya di Nevada pada 3 September 2007, dan jenazahnya ditemukan pada Oktober 2008.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sepudin Zuhri
Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper