Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kebakaran Lahan: 40 Orang Ini Berjibaku “Usir” Api Jauhi Bangunan

Sebanyak 40 orang dari berbagai kalangan, warga Desa Tanjung Pisang, Kecamatan Tasik Putri Puyu, Kabupaten Meranti, Riau, berupaya menghalau rambatan api yang membakar lahan perkebunan ke bangunan yang ada di sekitarnya.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, PEKANBARU – Usaha keras secara bersama-sama dilakukan warga di wilayah Riau untuk mengusir api yang membakar lahan menjalar ke bangunan.

Sebanyak 40 orang dari berbagai kalangan, warga Desa Tanjung Pisang, Kecamatan Tasik Putri Puyu, Kabupaten Meranti, Riau, berupaya "menghalau" rambatan api yang membakar lahan perkebunan ke bangunan yang ada di sekitarnya.

Kepala Bidang Humas Polda Riau, Ajun Komisaris Besar Guntur Aryo Tejo lewat pesan elektroniknya di Pekanbaru, Minggu (23/2/2014), menuliskan, kabar terakhir sudah seluas 15 hektare kebun sagu dan lahan kosong gambut di daerah itu terbakar.

Kepolisian dikabarkan telah mendata pemilik lahan sagu yang terbakar itu, masing-masing JS, WT dan HN.

Ia mengatakan, kepolisian terdekat juga telah turun ke lokasi kejadian untuk membantu warga dan pemerintah kecamatan meminimalisasi kebakaran.

Kemudian, lanjut Guntur, petugas di lapangan juga telah berkoordinasi dengan Kades Tasik Putri Puyu agar terus memantau peristiwa kebakaran lahan yang terjadi.

Kepolisian mengabarkan, sebelumnya upaya pemadaman api telah dilakukan sekitar 40 orang warga sekitar dengan menggunakan peralatan seadanya.

Itu dilakukan agar kebakaran tidak meluas hingga turut menghanguskan bangunan rumah milik mereka.

"Api memang telah mulai padam, namun masih berasap dan dikhawatirkan masih ada api sehingga masih terus dipantau," ujarnya.

Kepolisian masih menyelidiki penyebab peristiwa tersebut dan pemilik lahan juga telah dimintai keterangan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Riau mencatat sedikitnya 3.000 hektare lahan di Kabupaten Meranti hangus dalam waktu kurang dari tiga pekan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper