Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BMKG: Hujan Akan Berlangsung Hingga Akhir Februari

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan puncak musim hujan masih akan berlangsung hingga Februari.

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan puncak musim hujan masih akan berlangsung hingga Februari.

"Puncak musim hujan masih sampai Februari. Artinya masih ada potensi hujan yang menyebabkan gangguan seperti banjir," kata Deputi Bidang Klimatologi BMKG Widada Sulistya di Jakarta, Selasa (11/2/2014).

Widada mengatakan, untuk cuaca ekstrim pada pekan ini membaik dibandingkan dengan Januari. Pada Januari, terjadi banjir di sejumlah daerah disebabkan intensitas hujan yang tinggi karena masuk puncak musim hujan tepatnya di wilayah Sumatera bagian selatan hingga Jawa.

Saat ini intensitas hujan untuk Jakarta dan sekitarnya sudah mulai menurun menjadi hujan ringan hingga sedang.

Seperti di wilayah Jakarta Timur, Jakarta Utara dan Jakarta Barat dimana dalam dua hari terakhir hujan intensitas ringan hingga sedang.

Dari analisis dinamika atmosfer, terdapat tekanan rendah Samudera Hindia barat daya Lampung, Tropical Low bagian utara sebelah barat Australia dan tekanan rendah di teluk Carpentaria.

Kelembaban udara di lapisan 850 mb masih cukup tinggi lebih dari 80 persen di wilayah Sumatera bagian selatan, dan Jawa bagian selatan.

Terdapat daerah pumpunan masa udara (konvergensi) memanjang dari pesisir barat Sumatera bagian selatan ingga perairan selatan Nusa Tenggara Barat.

"Secara umum untuk musim kemarau sebagian besar mulai masuk pada Mei," tambah Widada.

Sementara untuk wilayah Sumatera Utara sampai Pekanbaru relatif curah hujan kurang dibandingkan rata-ratanya selama 30 tahun.

"Itu kenapa di Jawa banjir tapi di Sumatera kering. Ini disebut anomali cuaca di Sumatera karena ada massa udara kering dari utara sehingga kelembabannya tidak cukup untuk hujan," kata Widada.(Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper