Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dana Haji 2013 Bisa Dihemat Rp265,4 Miliar

Kementerian Agama memperhitungkan dana operasional haji 2013 bisa dihemat Rp265,4 miliar dari seluruh anggaran yang dibutuhkan.

Bisnis.com, JAKARTA--Kementerian Agama memperhitungkan dana operasional haji 2013 bisa dihemat Rp265,4 miliar dari seluruh anggaran yang dibutuhkan.

Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Anggito Abimanyu mengatakan nilai penghematan dana operasional haji itu sangat signifikan.

"Efisiensi itu meningkat cukup besar dibandingkan dana pelayanan haji tahun lalu,” katanya seperti dikutip situs Kemenag, Rabu (25/12/2013).

Menurut Anggito pada musim haji 2012 didapat efisiensi sekitar Rp68 miliar sedangkan pada 2011 berhasil dihemat sebanyak Rp62,4 miliar.

Penghematan yang meningkat pada pelayanan haji 2013 didorong berbagai faktor a.l harga sewa pemondokan di Mekkah, kendaraan operasional dan nilai tukar rupiah.

"Pemerintah berhasil melakukan lobi yang intensif pada sejumlah pengelola pemondokan di Mekkah hingga ada efisiensi sewa,” ujar mantan Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan ini.

Anggito menambahkan penghematan itu terjadi pada indirect cost dan direct cost masing-masing Rp254,6 miliar dan US$1.124.

Untuk kategori inderect cost, tambah Anggito, dibagi menjadi dua anggaran yaitu inderect cost Rp58,4 miliar dan safeguarding Rp196,2 miliar.

“Direct cost itu terbagi dalam tiket, pemondokan, hotel di Madinah, dan living cost,” tuturnya.

Penghematan ini, kata Anggito, tidak menurunkan kualitas pelayanan. Jamaah tetap mendapatkan pelayanan yang optimal dari petugas haji.

Dia memastikan penghematan itu bakal lebih menguntungkan jamaah. Seluruh dana jamaah terserap pada kebutuhan pelayanan haji.  

"Selanjutnya bakal terus diupayakan efisiensi tersebut,” ujar Anggito.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rustam Agus
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper