Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DPR Ungkap 4 Temuan Penting soal Pelaksanaan Ibadah Haji 2023

Fraksi PKB di DPR mengungkap empat temuan Panja soal ibadah haji usai kunjungan ke Arab Saudi.
Ilustrasi Ibadah Haji 2021/Instagram: Haramain Info
Ilustrasi Ibadah Haji 2021/Instagram: Haramain Info

Bisnis.com, JAKARTA - Anggota DPR RI dari Fraksi PKB, H. Marwan Dasopang mengungkap empat temuan panitia kerja (panja) dalam pelaksanaan ibadah haji di Arab Saudi. 

Pihaknya mengatakan bahwa anggota panja dibagi menjadi dua tim dalam perjalanan. Ada yang masuk melalui Jedah dan ada yang langsung ke Madinah. 

Menurutnya, kunjungan-kunjungan ini dimaksudkan untuk melihat berbagai hal yang terkait dengan pelaksanaan ibadah haji. 

Pihaknya merangkum beberapa temuan usai melakukan kunjungan tersebu. Salah satunya terkait akomodasi dalam hotel. 

"Akomodasi, berdasarkan kunjungan BPIH Panja Komisi VIII yang dilakukan di berbagai tempat yaitu hotel yang bakal menjadi penginapan atau beberapa hotel yang ditempati jemaah haji, kami menemukan bahwa harga satuan yang diajukan oleh pemerintah masih memungkinkan untuk dilakukan negosiasi dan menurunkan harga," lanjutnya. 

Dia menjelaskan, bahwa proses pelaksanaan haji pada 2023 sudah berjalan. Berbeda dengan tahun 2022, pelaksanaan ibadah haji yang tidak dilakukan 2 tahun itu, membutuhkan berbagai hal persiapan. 

Terkait konsumsi, kunjungan berbagai tempat bersama Kementerian Agama terkait konsumsi untuk jemaah masih dalam besaran yang bisa di negosiasikan harganya. 

"Kedua, konsumsi. Kunjungan ke berbagai tempat bersama Kementerian Agama dan masing-masing anggota ke tempat vendor yang menyediakan konsumsi untuk jemaah, masih di dalam besaran yang bisa dinegosiasikan harganya," tambahnya. 

Dia juga mengungkap transportasi di beberapa hotel di Makkah. Ada hotel yang bersedia mengantarkan jemaah dari hotel ke tempat ibadah. 

"Ketiga, kunjungan Panja Komisi VIII DPR RI dalam hal transportasi di beberapa hotel di Makkah. Ada beberapa hotel yang menyediakan bus mengantarkan jemaah dari hotel ke tempat ibadah," katanya. 

Selanjutnya, durasi ibadah haji selama 40 hari membuat jemaah jenuh menunggu kepulangan, ada kemungkinan bisa dilaksanakan 35 hari. 

"Empat, pelaksanaan ibadah haji durasi 40 hari membuat jemaah jenuh menunggu kepulangan. Lebih khusus jemaah yang berada di kloter awal, maka Komisi VIII DPR RI melakukan komunikasi ke berbagai pihak dan mendapatkan informasi pelaksanaan ibadah haji tahun 1444 tahun 2023 memungkinkan untuk dilaksanakan durasinya selama 35 hari saja," tambahnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Erta Darwati
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper