Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

APEC Tegaskan Prioritas Tindak Lanjut Hasil WTO di Bali

Para pejabat senior APEC akan memutuskan prioritas untuk konferensi di Beijing tahun depan, menyusul konsensus yang dicapai di forum WTO Bali pekan lalu dan saat negosiator TPP hampir mencapai kesepakatan di Singapura.

Bisnis.com, JAKARTA - Para pejabat senior APEC akan memutuskan prioritas untuk konferensi di Beijing tahun depan, menyusul konsensus yang dicapai di forum WTO Bali pekan lalu dan saat negosiator TPP hampir mencapai kesepakatan di Singapura.

Pada pertemuan 2 hari yang berakhir Selasa (10/12/2013), para petinggi APEC mendiskusikan area-area pertumbuhan baru dan reformasi ekonomi di kawasan. Mereka juga membahas peran apa yang akan diambil APEC dalam konteks Paket Bali dan basis pakta perdagangan kawasan.

“Beberapa bulan lalu di Bali, seluruh pemimpin Apec berkomitmen untuk menyukseskan Agenda Pembangunan Doha. Jadi, kami akan mengupayakan bukan hanya [pakta] bilateral atau regional, tapi juga mega-regional,” kata Alan Bollard, Direktur Eksekutif Sekretariat APEC.

Menurut Bollard, untuk dapat membawa keuntungan bagi sektor swasta, WTO dapat mempertimbangkan perluasan kesepakatan sektoral, seperti mengatasi masalah teknologi informasi dan jasa sebagaimana telah dilakukan APEC.

Dalam pernyataan bersamanya, para pemimpin Apec mendesak pencapaian WTO Information Technology Agreement dan menggali peluang di dalam WTO untuk menyokong komitmen dalam memangkas tarif dalam daftar produk ramah lingkungan APEC.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper