Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penerbangan Kuala Namu Belum Terganggu Abu Vulkanik Sinabung

Aktivitas penerbangan di Bandar Udara Kuala Namu tidak terganggu meski debu vulkanik dari erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo telah menyebar hingga infrastruktur transportasi udara itu.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, MEDAN - Aktivitas penerbangan di Bandar Udara Kuala Namu tidak terganggu meski debu vulkanik dari erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo telah menyebar hingga infrastruktur transportasi udara itu.

Petugas penghubung Bandara Kuala Namu H.M. Wasfan Wahyu Widodo di Medan, Minggu (24/11/2013), mengatakan seluruh aktivitas penerbangan masih berjalan normal dan lancar meski debu vulkanik itu telah menyebar sejak Sabtu (23/11) malam.

Penegasan itu disampaikan setelah adanya laporan dari petugas airnav, terutama Airport Service Manager Kuala Namu International Airport (KNIA) Ali Shopian.

Meski demikian, pihaknya tidak membantah jika ada dua perusahaan penerbangan yang membatasi aktivitasnya untuk sementara, karena keberadaan debu vulkanik tersebut.

Kedua perusahaan itu adalah Susi Air yang memutuskan untuk membatalkan seluruh jadwal penerbangannya pada Minggu dari dan menuju Bandara Kuala Namu.

Sementara itu, AirAsia menunda penerbangan guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan hingga serpihan debu vulkanik dari erupsi Gunung Sinabung tersebut normal kembali.

Wasfan menjelaskan, berdasarkan laporan dari petugas air, jarak pandang penerbangan di Bandara Kuala Namu selama keberadaan debu vulkanik Gunung Sinabung masih sekitar 5 km.

Keberadaan debu vulkanik Gunung Sinabung tersebut tidak menimbulkan "traffic flight" pada hari Minggu dini hari karena terpaan debu itu tidak menimbulka pengaruh. "Ini masih di angka yang cukup aman, sama sekali tidak mengganggu penerbangan," katanya. (Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sepudin Zuhri
Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper