Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Terserang Hama, Hasil Panen Program RPL Tak Optimal

Hasil panen program Rumah Pangan Lestari (RPL), yang digagas Pemkot Balikpapan dan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) kota Balikpapan, hanya mencapai 70% dari total jumlah tanaman yang ada karena adanya serangan penyakit tanaman
Rachmad Subiyanto
Rachmad Subiyanto - Bisnis.com 20 November 2013  |  13:48 WIB

Bisnis.com, BALIKPAPAN- Hasil panen program Rumah Pangan Lestari (RPL), yang digagas Pemkot Balikpapan dan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) kota Balikpapan, hanya mencapai 70% dari total jumlah tanaman yang ada karena adanya serangan penyakit tanaman.

Konsultan UMKM Kantor Perwakilan BI Balikpapan Muhamad Soleh mengatakan serangan hama tersebut sebagian besar menyerang tanaman cabai dan tomat. Menurutnya, karena penanganan yang terlambat menyebabkan hasil panen yang dihasilkan tidak optimal.

“Karena itu, beberapa kali kami melakukan pelatihan kepada para kepala keluarga yang menyelenggarakan RPL,” ujarnya ketika dihubungi Bisnis, Rabu (20/11/2013).

Dalam pelatihan tersebut, para kepala keluarga diberitahu mengenai ciri-ciri tanaman yang terkena penyakit serta cara penanganannya. Soleh menambahkan penyebab penyakit ini akibat dari unsur tanah, cuaca serta perawatan tanaman yang tidak tepat.

Beberapa komoditas dikembangkan dalam RPL tersebut seperti cabai merah, bawang merah dan ikan lele. Bantuan benih masing-masing sebanyak 102 sachet untuk bawang merah dan cabai merah serta 51.000 benih ikan lele kepada 102 RT telah diberikan TPID Kota Balikpapan untuk dikembangkan oleh rumah tangga sasaran.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

harga cabai cabai surplus
Editor : Linda Teti Silitonga

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top