Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Sengketa Bisnis, Starbucks Bayar US$2,79 Miliar pada Mondelez International

Jaringan kedai kopi asal AS Starbucks Corp. mengumumkan bakal membayar US$2,79 miliar kepada Mondelez International Inc. guna mengakhiri perselisihan atas distribusi produk kopi kemasan mereka.
Anissa Margrit
Anissa Margrit - Bisnis.com 14 November 2013  |  14:44 WIB

Bisnis.com, SEATTLE - Jaringan kedai kopi asal AS Starbucks Corp. mengumumkan bakal membayar US$2,79 miliar kepada Mondelez International Inc. untuk mengakhiri perselisihan atas distribusi produk kopi kemasan mereka.

Bloomberg melansir Rabu (13/11), kompensasi itu diperintahkan oleh arbitrator. Perinciannya, US$2,23 miliar ganti rugi dan US$557 juta untuk bunga dan ongkos pengacara. Demikian disampaikan Starbucks di berkasnya ke pengadilan.

Jumlah ini melampaui perkiraan para analis. Perusahaan yang berdiri pada 1971 itu mengatakan sumber dana berasal dari kas internal dan pinjaman bank.

Putusan arbitrase itu menyelesaikan perseteruan yang telah berlangsung selama 3 tahun terakhir. Perselisihan ini dimulai ketika Starbucks menawarkan US$750 juta ke Mondelez untuk mengakhiri perjanjian kerja kedua perusahaan yang sudah dimulai sejak 1998.

Mondelez, yang ketika itu masih bernama Kraft Foods Inc., menjadi distributor kopi kemasan produk Starbucks ke retailer makanan.

Namun, proposal itu ditolak Kraft. Starbucks berupaya mengontrol kembali bisnis kopi kemasan mereka setelah bisnis itu tumbuh lebih besar dibanding unit lainnya, terbukti dari melonjaknya pendapatan.

Pada tahun lalu pemasukan dari bisnis meningkat 50%. Angka ini jauh lebih besar ketimbang pertumbuhan pendapatan perusahaan secara keseluruhan yang hanya naik 14%.

Mondelez berbasis di Deerfield, Illinois, AS. Perusahaan ini memproduksi berbagai makanan ringan seperti cokelat, biskuit, serta permen. Produknya yang paling dikenal adalah Cadbury, Toblerone, dan Oreo.



Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

starbucks kedai kopi
Editor : Bambang Supriyanto
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top