Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Topan Haiyan: Dapat Sebabkan Gelombang Tinggi dan Hujan

BMKG memprediksikan topan super Haiyan tidak berdampak langsung bagi Indonesia, tapi bagian Utara akan terkena dampak berupa gelombang tinggi dan hujan

Bisnis.com, JAKARTA—Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksikan topan super Haiyan tidak berdampak langsung bagi Indonesia, tapi bagian Utara akan terkena dampak berupa gelombang tinggi dan hujan.

"Dampak secara langsung tidak ada, tapi sebelah Utara Indonesia akan terkena, karena bagaimanapun juga badainya besar sekali yaitu berupa gelombang tinggi dan hujan," kata Kepala BMKG Andi Eka Sakya di Jakarta, seperti dikutip Antara Senin (11/11/2013).

Seperti diketahui topan Haiyan menerjang Filipina pada Jumat (8/11/2013), dan memporak-porandakan beberapa pulau di negara tersebut. Akibatnya kota Tacloban yang berada di pinggir pantai mengalami kerusakan parah.

Menurut perkiraan awal yang belum dikonfirmasi, sebanyak 10.000 orang tewas akibat topan super Haiyan.

Andi mengatakan, melalui Meteorology Early Warning System (MEWS) yang ada di Indonesia sebenarnya sudah bisa dilihat apakah ‘bayi’ dari topan siklon tropis tersebut akan membesar atau tidak.

"Terkait gelombang tinggi, pihak berwenang harus memberikan peringatan dini di Utara, seperti Kalimantan dan Maluku," tambah dia.

Berdasarkan data BMKG, kondisi topan Haiyan pada Senin (11/11) pukul 07.00 WIB berada pada 21.3LU, 107.2BT atau sekitar 1940 km sebelah utara Natuna.

Topan Haiyan bergerak menuju utara barat laut dengan kecepatan 10 knots (19 km/jam) menjauhi wilayah Indonesia

Prediksi 24 jam tanggal 12 November 2013 pukul 07.00 WIB topan Haiyan berada pada posisi 23.2LU, 106.9BT yaitu sekitar 2150 km sebelah utara Natuna. Topan super itu bergerak ke barat laut menjauhi wilayah Indonesia.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper