Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dimatai-Matai AS, Menlu Meksiko Panggil Dubes AS

Menteri Luar Negeri Meksiko Jose Antonio Meade kembali bertemu dengan Duta Besar Amerika Serikat setelah memanggil yang bersangkutan untuk kedua kalinya kurang dari dua bulan terakhir atas klaim bahwa Washington memata-matai pemimpin Meksiko.

Bisnis.com, MEXICO CITY - Menteri Luar Negeri Meksiko Jose Antonio Meade kembali bertemu dengan Duta Besar Amerika Serikat setelah memanggil yang bersangkutan untuk kedua kalinya kurang dari dua bulan terakhir atas klaim bahwa Washington memata-matai pemimpin Meksiko.

Seorang pejabat kementerian luar negeri mengatakan Meade mengadakan pembicaraan dengan Duta Besar Earl Anthony Wayne pada Kamis terkait laporan majalah Jerman bahwa Badan Keamanan Nasional (NSA) meretas surat elektronik dari mantan presiden Felipe Calderon saat ia masih menjabat.

Pejabat itu menolak untuk memberikan rincian percakapan tersebut, tapi Meade mendesak Amerika Serikat pekan ini untuk memperluas penyelidikan terkait aksi memata-matai itu dengan juga memasukkan tuduhan yang dilaporkan oleh Der Spiegel.

Meksiko sudah memanggil Wayne bulan lalu dan meminta dilakukannya penyelidikan AS atas tuduhan NSA telah menyadap surat elektronik Presiden Enrique Pena Nieto saat ia mencalonkan diri tahun lalu.

Kementerian Dalam Negeri Meksiko mengumumkan pekan ini bahwa pihaknya telah menggelar penyelidikan sendiri untuk menentukan apakah ada warga Meksiko terlibat dalam dugaan aksi mata-mata itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sepudin Zuhri
Editor : Sepudin Zuhri

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper