Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Reuni Emas Alumni IPB: Bersama Membangun Kemandirian Pangan

Bisnis.com, JAKARTA -  Merayakan setengah abad usia Institut Pertanian Bogor, sekitar 5.000 orang alumninya mengadakan Reuni Emas 50 Tahun IPB di Jakarta Convention Center, Sabtu (5/10).
Rahmayulis Saleh
Rahmayulis Saleh - Bisnis.com 05 Oktober 2013  |  23:19 WIB

Bisnis.com, JAKARTA -  Merayakan setengah abad usia Institut Pertanian Bogor, sekitar 5.000 orang alumninya mengadakan Reuni Emas 50 Tahun IPB di Jakarta Convention Center, Sabtu (5/10).

Ribuan alumni yang berasal dari seluruh jenjang almamater IPB tersebut, saling menjalin selaturahim dan membangun networking.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Himpunan Alumni IPB tersebut, mengusung tema besar Bersama Membangun Kemandirian Pangan.

“Reuni emas ini bukan untuk hura-hura, tapi merupakan ajang konsolidasi bagi seluruh potensi alumni IPB, untuk menata kembali keberadaan dan perannya bagi pembangunan bangsa,” kata Bambang Hendroyono, Ketua Umum DPP Himpunan Alumni IPB, di sela-sela reuni akbar tersebut, Sabtu malam (5/10/2013).

Menurut Bambang, sebagai negara agraris, Indonesia hingga saat ini belum bisa mencukupi kebutuhan pangan bagi rakyatnya secara swasembada. “Ini menjadi tantangan bagi para alumni IPB. Kegiatan ini untuk meneguhkan kembali komitmen para alumni, membangun kepedulian terhadap masalah bangsa dan negara,” ungkapnya.

Tema reuni emas ini bukanlah sesuatu yang utopia. Sebab, lanjutnya, terbukti beberapa tahun lalu Indonesia berhasil mencapai swasembada pangan, dan prestasi ini diakui dunia.

“Kini kita ditantang untuk kembali mewujudkan kemandirian pangan bagi rakyat. Apalagi Indonesia saat ini mengalami peningkatan jumlah penduduk yang sangat besar, sehingga dibutuhkan kemampuan untuk menyediakan sumber pangan yang mencukupi,” ujarnya.

Dia menuturkan momentum reuni emas ini hendaknya bisa mendorong alumni IPB dan seluruh komponen bangssa bertekad lebih gigi untuk memperjuangkan kemandirian di bidang pangan nasional, walau tantangannya berat.

“Tekad itu harus dirancang sedini mungkin secara cermat dan komprehensif, sehingga cita-cita besar itu dapat terwujud secara konsisten dalam kurun waktu yang ralatif tidak terlalu lama,” tambah Bambang.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ipb alumni
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top