Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pilkada Kaltim: Warga Memilih, Masa Depan Kaltim Ditentukan 2,79 Juta Pemilih

Bisnis.com, JAKARTA--Hari ini, Selasa (10/9/2013), seluruh masyarakat di Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara diliburkan karena sebanyak 2.795.334 pemilih akan menentukan siapa pasangan gubernur dan calon Gubernur yang akan menduduki kursi

Bisnis.com, JAKARTA--Hari ini, Selasa (10/9/2013), seluruh masyarakat di Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara diliburkan karena sebanyak 2.795.334 pemilih akan menentukan siapa pasangan gubernur dan calon Gubernur yang akan menduduki kursi Kaltim 1 periode 2013-2018.

Penetapan hari libur itu berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 270-6402 Tahun 2013 tertanggal 26 Agustus tentang penetapan Hari Pemungutan Suara Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim sebagai hari yang diliburkan di wilayah Kaltim.

"Kantor-kantor pemerintah dan sekolah diliburkan, kecuali bagi karyawan rumah sakit, puskesmas, barisan pemadam kebakaran, dan bank dipersilakan menyesuaikan waktunya," ujar Asisten III Sekretaris Kota Balikpapan, Muhammad Noor.

Sebanyak 8.082 tempat pemungutan suara disediakan di seluruh kabupaten dan kota di wilayah Kaltim dan Kaltara mulai pukul 07.00--13.00 WITA.

Pilkada Kaltim diikuti 3 pasangan, di mana 2 di antaranya merupakan incumbent karena Gubernur maupun Wakil Gubernur Kaltim sama-sama maju untuk saling berhadapan.

Ketiga pasangan itu, adalah pasangan nomor urut 1 Awang Faroek Ishak dan Mukmin Faisyal yang diusung Partai Golkar, Demokrat, PKS, PAN, PBB, PKB, Hanura, Partai Patriot, Partai Demokrasi Kebangsaan, dan Partai Damai Sejahtera.

Selanjutnya, pasangan nomor urut 2 Farid Wadjdy dan Aji Sofyan Alex yang diusung Partai PPP dan PDIP.

Terakhir, pasangan nomor urut 3 Imdaad Hamid dan Ipong Muchlissoni dari perorangan.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bontang, Baidlowi memprediksi pemilih yang tidak mencoblos atau golongan putih (golput) pada pilkada hari ini mencapai 40%.

Selain banyak warga Bontang yang bekerja atau kuliah di luar kota bahkan di luar negeri, alasan golput lainnya juga dimungkinkan sikap apatis masyarakat yang menilai pemilihan gubernur dan wakil gubernur tersebut tidak akan mengubah nasib mereka.

Sementara itu, jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kota Balikpapan sebanyak 406.526 pemilih yang tersebar di 1.281 TPS pada 34 kelurahan. TPS mulai melayani para warga yang menggunakan hak pilihnya mulai pukul 07.00-13.00 WITA.

Selanjutnya, sebanyak 115.108 warga Kabupaten Penajam Paser Utara juga ikut andil memberikan hak suara di 289 TPS di empat kecamatan. (Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurbaiti
Editor : Nurbaiti
Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper