Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kandidat Hakim Agung Makin Langka

Bisnis.com, JAKARTA--Komisi Yudisial mengaku kesulitan menjaring para calon pendaftar seleksi calon hakim agung tahap kedua 2013."Setelah bekerja keras kami baru mendapat 41 pendaftar," kata Heru Purnomo, Kepala Biro Seleksi Hakim KY kepada Antara, Senin 
Rustam Agus
Rustam Agus - Bisnis.com 26 Agustus 2013  |  11:35 WIB

Bisnis.com, JAKARTA--Komisi Yudisial mengaku kesulitan menjaring para calon pendaftar seleksi calon hakim agung tahap kedua 2013.

"Setelah bekerja keras kami baru mendapat 41 pendaftar," kata Heru Purnomo, Kepala Biro Seleksi Hakim KY kepada Antara, Senin  (26/8/2013).

Pihaknya telah melakukan jemput bola seperti sosialisasi ke berbagai lembaga dan menelpon langsung para calon kandidat yang telah memenuhi kualifikasi sebagai hakim agung.

"Kami sudah memiliki database para kandidat yang telah memenuhi syarat, dan sudah dihubungi langsung, namun hasilnya baru 41 orang yang mendaftar," katanya.

Heru mengungkapkan bahwa pihaknya minimal membutuhkan 50 pendaftar dalam seleksi CHA tahap kedua 2013.

"Minimal 50 pendaftar untuk mengisi enam hakim agung yang lowong," kata Heru.

Pada semester II-2013 ini Mahkamah Agung meminta KY untuk mengisi hakim lowong karena pensiun ditambah utang KY untuk kekurangan seleksi sebelumnya tiga lowongan sehingga total enam lowongan hakim agung.

Heru berharap pada penutupan pendaftaran pada 30 Agustus 2013, pihaknya bisa memenuhi target menimal pendaftar seleksi hakim agung.

Pendaftaran seleksi calon hakim agung tahap kedua 2013 dibuka sejak 22 Juli dan seharusnya ditutup pada 16 Agustus 2013 tetapi pendaftar masih minim.

Hingga kini baru terdapat 35 pendaftar sehingga KY memperpanjang masa pendaftaran hingga 30 Agustus.

KY kembali membuka pendaftaran seleksi CHA setelah MA mengajukan permintaan pengisian tiga posisi hakim agung yang akan pensiun pada semester kedua tahun 2013 dan awal tahun 2014 melalui suratnya pada 28 Juni 2013.

Ketiga hakim agung yang akan pensiun adalah Hakim Prof Dr Komariah Emong Sapardjaja, Hakim Agung I Made Tara SH dan Hakim Agung Marina Sidabutar SH MH.  (ra)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ma hakim agung ky

Sumber : newswire

Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

To top