Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

FOMC Dukung Program Bernanke Batasi Pembelian Obligasi

Bisnis.com, JAKARTA—Para pembuat kebijakan bank sentral AS “sangat puas” dengan rencana Gubenur The Fed, Ben S. Bernanke untuk mulai mengurangi pembelian obligasi akhir tahun ini jika ekonomi membaik, menurut catatan pertemuan mereka

Bisnis.com, JAKARTA—Para pembuat kebijakan bank sentral AS “sangat puas” dengan rencana Gubenur The Fed, Ben S. Bernanke untuk mulai mengurangi pembelian obligasi akhir tahun ini jika ekonomi membaik, menurut catatan pertemuan mereka akhir Juli lalu.

Sedangkan beberapa dari mereka mengatakan pengetatan itu perlu segera dilakukan segera.  

“Hampir seluruh anggota komisi sepakat bahwa perubahan dalam program pembelian obligasi belum diperlukan, menurut catatan hasil pertemuan Komisi Pasar Bebas Federal (FMOC) pada 30-31 Juli yang dikeluarkan hari ini di Washington sebagimana dikutip Bloomberg, Kamis (22/8/2013). Dalam catatan itu juga disebutkan bahwa beberapa pejabat lainnya mengatakan saatnya untuk segera memperlambat langkah pembelian sebagaimana digariskan dalam program tersebut.

“Sejumlah anggota komisi menekankan pentingnya bersabar dan mengevaluasi informasi tambahan soal perekonomian sebelum memutuskan setiap perubahan atas upaya pembelian obligasi,” menurut catatan itu. Hampir seluruh peserta rapat memastikan bahwa mereka sangat puas dengan sikap moderat komisi dalam upaya pembelian sekuritas akhir tahun ini.

Perdebatan antara Bernanke dan koleganya terkait pembatasan pembelian senilai US$85 miliar untuk pembelian per bulan telah mengguncang pasar keuangan mulai dari Jakarta, Mumbai hingga New York.

“Mereka kemungkinan mulai membatasi pembelian pada September ,” ujar Josh Feinman, global chief economist pada Deutsche Asset & Wealth Management, yang mengelola dana US$400 miliar.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper