Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hamdan Zoelva Jadi Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi

Bisnis.com, JAKARTA--Hakim Konstitusi Hamdan Zoelva terpilih menjadi Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi melalui pemilihan langsung mengalahkan Hakim Konstitusi Ahmad Fadlil Sumadi. Hamdan Zoelva mendapat dukungan lima sura, sedangkan Ahmad Fadlil Sumadi

Bisnis.com, JAKARTA--Hakim Konstitusi Hamdan Zoelva terpilih menjadi Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi melalui pemilihan langsung mengalahkan Hakim Konstitusi Ahmad Fadlil Sumadi.

Hamdan Zoelva mendapat dukungan lima sura, sedangkan Ahmad Fadlil Sumadi mendapat tiga suara dan satu suara absen, kata Ketua MK Akil Mochtar saat memimpin sidang pleno khusus di Jakarta, Selasa (20/8/2013)

Ia mengatakan berdasarkan hasil Rapat Permusyawaratan Hakim (RPH) yang bersedia maju untuk pemilihan wakil ketua MK hanya dua hakim konstitusi, yakni Hamdan Zoelva dan Fadlil Sumadi.

"Enam hakim konstitusi menyatakan tidak menggunakan hak dipilih, sehingga hanya dua hakim konstitusi yang maju," kata Akil.

Akil menyatakan berdasarkan hasil pemilihan yang diikuti oleh sembilan hakim konstitusi, Hamdan Zoelva telah terpilih menjadi wakil ketua MK untuk periode 2013-2016.

"Masa jabatan wakil ketua selama 2 tahun enam bulan sejak mengucapkan sumpah jabatan," kata Akil.

Usai pemilihan, Hamdan Zoelva mengatakan sebagai wakil ketua dirinya akan melengkapai dan membantu ketua untuk memjalankan tugas-tugas yang sifatnya manajerial.

"Kalau dalam teknik kepemimpinan di MK tentunya manajerial yang secara operasional dilaksanakan oleh sekjen, tapi tentu atas arahan dari pimpinan dari ketua yang dibantu oleh wakil," kata hakim konstitusi dari unsur pemerintah ini.

Hamdan Zoelva yang lahir di Kota Bima, Nusa Tenggara Barat, pada 21 Juni 1962 ini menjadi hakim konstitusi sejak 7 Januari 2010 menggantikan Abdul Mukthie Fadjar yang pensiun.

Doktor Ilmu Hukum Tata Negara, Universitas Padjajaran Bandung ini memulai karir sebagai dosen luar biasa di beberapa universitas (1986-1987).

Selain itu juga pernah menjadi advokat (1987-2010) dan anggota DPR RI dari Fraksi Partai Bulan Bintang periode 1999-2004. (Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ismail Fahmi
Editor : Ismail Fahmi
Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper