Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Musim Liburan Pengunjung Masjid Istiqlal Membludak

Bisnis.com, JAKARTA-Pengunjung masjid Istiqlal Jakarta terus bedatangan sejak pagi hingga sore hari, yang datang dalam rombongan kecil maupun besar dari berbagai daerah di Tanah Air. Pemandangan di masjid terbesar di Asean yang terletak di jantung kota

Bisnis.com, JAKARTA-Pengunjung masjid Istiqlal Jakarta terus bedatangan sejak pagi hingga sore hari, yang datang dalam rombongan kecil maupun besar dari berbagai daerah di Tanah Air.

Pemandangan di masjid terbesar di Asean yang terletak di jantung kota Jakarta itu terlihat setiap hari sejak awal pekan seusai Lebaran hingga hari ini, (16/8/2013) bertepatan dengan pelaksanaan ibadah sholat Jumat.

Masjid Istiqlal menjadi salah satu tempat tujuan wisata religi yang terkenal di Indonesia karena menjadi salah satu bangunan bersejarah yang pembangunannya digagas oleh Presiden RI pertama Soekarno.
Nama Istiqlal yang diambil dari bahasa Arab berarti merdeka tersebut merupakan pengukuhan atas kemerdekaan negara kesatuan republik Indonesia (NKRI).

Mengenai tekad menjaga kemerdekaan dan keutuhan NKRI sempat disinggung khotib sholat Jumat di masjid Istiqlal, Anwar Ibrahim, dalam hutbahnya bertema Pengamalan nilai-nilai Ramadan untuk keselamatan nusa dan bangsa.

"Dengan nilai-nilai Ramdan kita senantiasa menjaga kesatuan umat Islam, dan persatuan bangsa Indonesia," katanya.

Sholat jumat kali ini yang dihadiri ribuan jamaah hingga memenuhi lantai 2 masjid, pada rokaat kedua dilakukan qunut nazilah, bertujuan meminta pertolongan kepada Allah SWT khusus untuk perdamaian bagi bangsa Mesir yang tengah dilanda perang saudara.

Bahkan setelah sholat Jumat, jamaah juga bersama-sama melaksanakan sholat ghoib untuk mendoakan para korban meninggal dalam pertikaian di negari Piramida itu yang masih berkecamuk hingga saat ini.

Sebagian dari ribuan jamaah Jumatan di masjid Istiqlal melanjutkan perjalanan  bersama-sama menuju Bunderan Hotel Indonesia untuk berpartisipasi dalam aksi demo mendukung terwujudnya perdamaian di Mesir, negara yang pertama mengakui kemerdekaan NKRI pada 17 Agustus 1945.

Diantara jamaah juga banyak yang tetap bertahan di masjid Istiqlal untuk mengikuti kajian fiqih dan hadis, termasuk para orang tua dan santri Pondok Modern Gontor asal Jabodetabek yang akan kembali ke pondoknya di Ponorogo secara berombongan dengan bus dari pelataran parkir masjid tersebut.

Menjelang sore, pengunjung masjid Istiqlal terlihat terus berdatangan. Menurut Ahmad, staf rumah ibadah tersebut, jumlah pengunjung pada akhir pekan meningkat dari hari biasa.
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Editor : Others
Sumber : Nurudin Abdullah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper