Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Longsor Gununghalu Bandung Barat 2 Tewas, 1 Hilang

Bisnis.com, JAKARTA-Tanah longsor melanda Desa Sindangjaya Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat hari ini Jumat (16/8/2013) pukul 04.00 WIB.Longsor tersebut disebabkan masih turun hujan di musim kemarau dan kondisi tanah

Bisnis.com, JAKARTA-Tanah longsor melanda Desa Sindangjaya Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat hari ini Jumat (16/8/2013) pukul 04.00 WIB.

Longsor tersebut disebabkan masih turun hujan di musim kemarau dan kondisi tanah yang labil. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan bahwa longsor menelan korban 2 orang tewas dan 1 orang masih tertimbun.

"Pencarian masih dilakukan," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan pers hari ini, Jumat (16/8/2013).
 
Lokasi longsor, kata Sutopo, merupakan daerah perbukitan rawan tinggi longsor. Masyarakat yang tinggal di lereng perbukitan memiliki risiko tinggi longsor. Terlebih lagi akses menuju lokasi tersebut sulit dicapai, hanya bisa dijangkau dengan sepeda motor.

Adanya gerakan tanah yang terus menerus memicu terjadinya longsor dan menimbun perumahan masyarakat setempat.

Sebelumnya, di Kecamatan Gununghalu beberapa kali telah terjadi longsor akibat gerakan tanah, seperti pada 13 April 2013 yang menyebabkan 121 rumah rusak. (ltc)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akhirul Anwar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper