Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

L'Oreal Akuisisi Produsen Kosmetik China US$834 Juta

Bisnis.com, SHANGHAI – L'Oreal SA, produsen kosmetik terbesar di dunia, sepakat membeli Magic Holdings International Ltd asal China senilai HK$6,54 miliar, atau sekitar US$834 juta.
Gloria Natalia Dolorosa
Gloria Natalia Dolorosa - Bisnis.com 16 Agustus 2013  |  20:04 WIB

Bisnis.com, SHANGHAI – L'Oreal SA, produsen kosmetik terbesar di dunia, sepakat membeli Magic Holdings International Ltd asal China senilai HK$6,54 miliar, atau sekitar US$834 juta.

Perusahaan berencana ekspansi di pasar yang penjualannya tumbuh lebih tinggi dari pertumbuhan penjualannya sendiri. L'Oreal akan membayar HK$6,30 per saham tunai kepada Magic, 25% lebih tinggi dari harga yang diperdagangkan terakhir HK$5,05.

Harga saham Magic melonjak 21% dalam perdagangan Hong Kong hari ini, menuju kenaikan terbesar sejak listing pada September 2010.

Lewat akuisisi, L'Oreal mendapat merek masker wajah terlaris di China. Euromonitor memperkirakan penjualan produk kecantikan dan perawatan tubuh akan meningkat 8% menjadi US$34 miliar tahun ini.

L'Oreal, perusahaan yang berbasis di Paris, bulan lalu mencatat pertumbuhan penjualan kuartal II yang meleset dari estimasi di tengah kinerja terlemah di Amerika Utara selama 2 tahun.

"China merupakan pasar dengan populasi 1,3 miliar dan pertumbuhan personal yang tengah menanjak. Pasar yang tumbuh cepat yakni pasar berskala rendah sampai menengah. Perusahaan domestik akan memiliki pijakan yang lebih baik daripada L'Oreal," kata Norman Chan, kepala investasi Calibre Asset Management Ltd seperti dikutip Bloomberg, Jumat (16/8/2013).

Magic menjual produk kecantikan bermerek MG seperti masker wajah dengan snail essence. Perusahaan yang mendirikan MG 10 tahun lalu itu merupakan pemimpin industri masker wajah di China dengan pangsa pasar 26,4% pada 2012.

L'Oreal masuk ke China pada 1997 dan memiliki 3.500 pegawai. Penjualan pada semester I/2013 meningkat 5,4%, di luar fluktuasi mata uang, menjadi 11,7 miliar euro, setara US$15,6 miliar. Pendapatan semester I L'Oreal di China menanjak 11% pada semester I.

L'Oreal berencana membayar akuisisi dari sumber internal. BNP Paribas SA, penasehat L'Oreal, menawarkan perusahaan fasilitas kredit sebesar 650 juta euro untuk membantu dana pembelian jika dibutuhkan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kosmetika l'oreal magic holding international industri masker wajah

Sumber : Bloomberg

Editor :
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

BisnisRegional

To top