Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Terminal Merak Siagakan 120 Bus Tambahan

Bisnis.com, Merak-Unit Pelayanan Teknis Dinas atau UPTD Terminal Terpadu Merak menyiapkan 120 unit bus tambahan yang akan mengantarkan alihan penumpang dari Pelabuhan Merak, Banten.
Lili Sunardi
Lili Sunardi - Bisnis.com 10 Agustus 2013  |  16:28 WIB

Bisnis.com, Merak-Unit Pelayanan Teknis Dinas atau UPTD Terminal Terpadu Merak menyiapkan 120 unit bus tambahan yang akan mengantarkan alihan penumpang dari Pelabuhan Merak, Banten.

Irawansyah, Kepala UPTD Terminal Merak, mengatakan trayek 120 unit bus tambahan itu akan disesuaikan dengan kebutuhan. Dengan begitu, diharapkan tidak terjadi penumpukan penumpang jurusan wilayah tertentu di Terminal Merak.

“Saat ini saja sudah ada 530 unit bus reguler yang beroperasi tiap harinya. Kalau dibutuhkan, sudah ada 120 unit bus cadangan yang trayeknya akan disesuaikan dengan kebutuhan,” katanya di Merak, Sabtu (10/8/2013).

Irawansyah mengungkapkan sebagai langkah awal pihaknya tidak akan mengatur waktu keberangkatan bus di terminal. Artinya, seluruh bus yang sudah penuh terisi dapat segera berangkat, tanpa harus menunggu waktu yang telah ditentukan pihak terminal.

Apabila langkah itu masih belum berhasil, maka pihaknya akan mengalihkan bus dari trayek yang sepi penumpang ke trayek yang ada penumpukan penumpang. Langkah terakhir, UPTD Terminal Merak akan mengeluarkan 120 bus cadangan yang telah disediakan itu.

Menurutnya, kebanyakan penumpang di Terminal Merak menuju wilayah Jakarta dan Bekasi melalui Terminal Kalideres, Kampung Rambutan, Pasar Minggu, Bekasi, dan Cikarang.

“Selain itu, ada juga penumpang yang ingin menuju sejumlah kota besar di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur,” jelasnya.

UPTD Terminal Merak juga terus melakukan koordinasi dengan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Merak dan Bakauheni, agar dapat mengetahui kondisi penumpang. Dengan begitu, pihak terminal dapat mempersiapkan bus sesuai dengan kebutuhan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

merak arus mudik Arus Balik
Editor : Martin Sihombing
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

Foto

BisnisRegional

To top