RI Gandeng Prancis Perkuat Perdagangan, Pendidikan & Industri

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Presiden Boediono menyatakan pemerintah Indonesia akan meningkatkan kerja sama strategis dengan pemerintah Prancis di 5 bidang.
Mia Chitra Dinisari | 02 Agustus 2013 17:56 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Presiden Boediono menyatakan pemerintah Indonesia akan meningkatkan kerja sama strategis dengan pemerintah Prancis di 5 bidang.

Kelima bidang itu yakni perdagangan dan investasi, pendidikan, industri pertahanan, kebudayaan dan pariwisata, serta perubahan iklim.
Menurut Wapres kerja sama itu akan mempererat hubungan kedua negara.

Rencana peningkatan kerja sama itu disampaikan Wapres saat menerima Menteri Luar Negeri Perancis Laurent Fabius, di Istana Wapres hari ini, Jumat (2/8/2013).

“Potensi hubungan bilateral Indonesia – Perancis masih cukup luas untuk dikembangkan. Dari sisi Indonesia kami siap untuk bekerjasama merealisasi sasaran-sasaran kemitraan strategis yang disepakati,” katanya.

Boediono mengatakan kemitraan yang saat ini dibutuhkan adalah perbaikan sektor infrastruktur. Karena itu, katanya, saat ini Indonesia juga membuka kesempatan bagi investor luar negeri untuk masuk ke sektor pembangunan infrastruktur itu.

Tujuannya, agar kendala infrastruktur bisa dikurangi dalam waktu satu dua atau tiga tahun ke depan, sehingga pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa mencapai 7%.

Menteri Luar Negeri Fabius mengatakan pemerintah Prancis akan fokus dalam peningkatan investasi di Indonesia, dan juga berharap investasi Indonesia bisa ditingkatkan di Prancis.

Untuk merealisasikan upaya itu, katanya, kedutaan Prancis telah mengadakan pertemuan dengan sejumlah pemuda Indonesia, membahas berbagai kendala yang ada di Indonesia, termasuk masalah infrastruktur.

“Kami siap membantu kebutuhan Indonesia tentang infrastruktur, dan berharap kontribusi ini memberikan keuntungan bagi perusahaan-perusahaan Perancis di Indonesia,” kata Fabius.

Terkait lingkugan hidup, menurutnya kerjasama tidak akan hanya menitikberatkan solusi teori, tapi juga ada kontribusi secara praktis dalam perubahan iklim.

Sementara itu, mengenai bidang pendidikan, pemerintah Prancis berharap lebih banyak warga Indonesia yang belajar di Perancis, dan memanfaatkan sistem beasiswa,begitu juga sebaliknya.

Dalam kunjungannya tersebut, dia juga membawa surat dari Presiden Perancis Francois Hollande untuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang berisi peningkatan lima bidang kerjasama tersebut.

Selain itu, Presiden Perancis Hollande juga mengutarakan keinginannya untuk melakukan pertemuan dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada forum G-20 yang akan berlangsung di St. Petersburg, Rusia pada September 2013 mendatang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
prancis, boediono, wapres, kerja sama

Editor : Sepudin Zuhri

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top