Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Beasiswa, 1.554 Mahasiswa Unnes Dapat Bidik Misi

Bisnis.com, SEMARANG - Sebanyak 1.554 mahasiswa Universitas Negeri Semarang mendapatkan beasiswa Bidik Misi dari pemerintah sehingga bisa berkuliah secara gratis di perguruan tinggi tersebut.
Fatkhul-nonaktif
Fatkhul-nonaktif - Bisnis.com 19 Juli 2013  |  17:55 WIB

Bisnis.com, SEMARANG - Sebanyak 1.554 mahasiswa Universitas Negeri Semarang mendapatkan beasiswa Bidik Misi dari pemerintah sehingga bisa berkuliah secara gratis di perguruan tinggi tersebut.

"Para mahasiswa itu berasal dari dua jalur masuk, yakni Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN)," kata Pembantu Rektor I Unnes Agus Wahyudin di Semarang, Jumat (19/7/2013).

Dia menyebutkan mahasiswa sebanyak itu terdiri atas penerima Bidik Misi dari Unnes yang berasal dari jalur SNMPTN berjumlah 734 orang, sementara yang berasal dari jalur SBMPTN sebanyak 820 orang.

Menurut dia, Unnes mendapatkan kuota penerima Bidik Misi pada tahun ini sebanyak 1.750 mahasiswa yang dibagi dalam tiga jalur masuk, yakni SNMPTN, SBMPTN, dan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Unnes (SPMU).

"Dengan ditetapkannya sebanyak 1.554 mahasiswa dari SNMPTN dan SBMPTN sebagai penerima Bidik Misi, maka masih tersisa 196 beasiswa Bidik Misi yang akan diberikan kepada mahasiswa jalur mandiri," katanya.

Pada jalur penerimaan SPMU yang menjadi jalur mandiri Unnes, kata dia, sudah ada sebanyak 1.294 calon mahasiswa yang mengajukan permohonan sehingga akan diseleksi karena kuotanya hanya 196 penerima.

Agus mengatakan penetapan penerima Bidik Misi dilakukan melalui berbagai tahapan, termasuk verifikasi agar beasiswa yang diberikan pemerintah untuk mahasiswa kurang mampu itu tidak salah sasaran.

"Kalau tidak lolos verifikasi ya dicoret. Dari jalur SNMPTN, awalnya ada 968 mahasiswa mengajukan, kemudian hanya lolos 734 orang. Berarti, ada ratusan mahasiswa yang tidak lolos verifikasi," katanya.

Demikian pula dengan pemohon dari jalur SBMPTN yang berjumlah 1.152 mahasiswa, kata dia, setelah diverifikasi ternyata hanya 820 mahasiswa yang lolos sehingga ada sekitar 300 mahasiswa yang tidak lolos.

Dia mengakui Unnes termasuk PTN yang tergolong paling banyak mendapatkan kuota Bidik Misi sehingga perlu melakukan proses verifikasi yang dilakukan secara cermat agar beasiswa itu tidak salah sasaran.

"Kalau diakumulasikan mulai tahun pertama hingga sekarang ini, mungkin Unnes yang paling banyak menerima Bidik Misi. Karena itu, kami berupaya melakukan proses verifikasi secara cermat," kata Agus.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

beasiswa pendidikan unnes mahasiswa bidik misi
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top