Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kamus Ramadan: Ngabuburit Populer di Bulan Puasa

Bisnis.com, JAKARTA - Inilah istilah Ramadan yang ini hanya ada di Indonesia, tepatnya berasal dari Jawa Barat dan kini dikenal di seluruh Tanah Air. Biasanya istilah Ramadan itu berasal dari bahasa Arab, namun kali ini redaksi memilihkan kata yang sangat

Bisnis.com, JAKARTA - Inilah istilah Ramadan yang ini hanya ada di Indonesia, tepatnya berasal dari Jawa Barat dan kini dikenal di seluruh Tanah Air. Biasanya istilah Ramadan itu berasal dari bahasa Arab, namun kali ini redaksi memilihkan kata yang sangat akrab bagi kita, ngabuburit.

Apakah arti ngabuburit itu? Istilah ngabuburit berasal asli dari bahasa Sunda, yaitu burit yang berarti waktu menjelang sore hari.

Jadi ngabuburit yang populer pada bulan suci ini adalah menunggu atau menghabiskan waktu hingga menjelang waktu adzan Maghrib menjelang. Bahasa ringkasnya adalah menunggu saat berbuka puasa.

Ketika menjelang magrib di tempat-tempat tertentu orang-orang ramai menunggu waktu maghrib. Di Jakarta, ngabuburit bisa dilakukan di mal, taman atau tempat keramaian bagi anak-anak muda.

Memang kegiatan mengisi waktu ngabuburit ini bermacam-macam mulai dari tidur-tiduran, jalan-jalan, olahraga ringan, sampai berbincang-bicang santai. Sebaiknya ngabuburit dilakukan dengan ibadah yang bermanfaat yaitu mengaji bersama di mesjid, berdiskusi dengan topik seputar agama dan membaca buku.

 Sumber: Dari berbagai sumber

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lahyanto Nadie
Editor : Lahyanto Nadie
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper