Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Diaspora India Diklaim Dorong Ekonomi Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA - Duta Besar India untuk Indonesia Gujrit Singh mengatakan diaspora India berkontribusi signifikan dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia seperti dalam industri jasa dan investasi.
Fatkhul-nonaktif
Fatkhul-nonaktif - Bisnis.com 18 Juli 2013  |  15:17 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Duta Besar India untuk Indonesia Gujrit Singh mengatakan diaspora India berkontribusi signifikan dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia seperti dalam industri jasa dan investasi.

"Kehadiran orang-orang India seperti perusahaan TATA, Reliance, Essar, TVS, Adnani, dan Indo Rama dengan investasi signifikan dalam batu bara, minyak, sintetis, energi, kendaraan bermotor memberi kontribusi bagi ekonomi Indonesia," kata Singh dalam acara OIFC Diaspora Enggagement Meet di Jakarta, Kamis (18/7/2013).

Dia mengatakan perusahaan India di Indonesia tidak hanya meciptakan lapangan pekerjaan tetapi juga membangun kapasitas lokal, substitusi impor dan berkontribusi pada ekspor Indonesia.

Menurut Singh, industri jasa yang sebagian besar posisi tertingginya ditempati orang India di daerah seperti perbankan, perangkat lunak dan sejenisnya.

"Diaspora India di Indonesia sangat banyak jumlahnya terutama di Medan, mereka ada yang berprofesi sebagai akademik, pebisnis dan masih banyak bidang yang digelutinya," ujarnya.

Singh menjelaskan Indonesia dan India merupakan rekan dalam kerja sama di banyak bidang. Karena itu dia mengharapkan diaspora India dapat melakukan hal yang lebih dan baru seperti membangun kapasitas sumber daya manusia.

"Hal baru misalnya membangun dan mengembangkan kapasitas lokal di Indonesia. Beberapa perusahaan India sudah melakukan CSR (Corporate Social Responsibility), dan hal itu sangat bagus," tegasnya.

Dalam acara yang sama, Utusan Khusus Presiden RI untuk Pengentasan Kemiskinan HS Dillon menjelaskan sejarah diaspora India dengan Indonesia seperti dibuktikan dalam bukti sejarah yang monumental seperti Candi Prambanan dan Borobudur yang menunjukkan pengaruh India di Indonesia.

Dia mengatakan India merupakan negara yang mengakui Indonesia sebagai negara yang merdeka dan peran penting yang dimaikan Presiden Soekarno dan Perdana Menteri Nehru selama Konferensi Asia Afrika di Bandung.

"Dalam masa sekarang, kedua negara muncul kekuataan dengan keunikan masing-masing," ujarnya.

Dillon mengatakan mengetahui peran diaspora India di Indonesia, kedua negara dapat bekerja bersama dengan kekuatan dan saling melengkapi pembangunan satu dengan yang lain khususnya dalam bidang transportasi, pertahanan, dan pendidikan.

Diskusi tersebut difokuskan mengenai peran diaspora India dalam memperkuat hubungan ekonomi dan membangun jembatan antara Indonesia-India dan memberikan kesempatan kepada delegasi untuk bertemu pengambil kebijakan seperti perwakilan pemerintah India dan ahli industri India.

Pertemuan tersebut diselenggarakan Pusat Fasilitas India Luar Negeri (OIFC), yang dibentuk Kementerian Luar Negeri India pada tahun 2007.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

indonesia india tvs tata diaspora reliance essar adnani indo rama

Sumber : Newswire

Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top