Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nasdem: Jangan Gampang Percaya Data Pemilih dari Kemendagri

Bisnis.com, JAKARTA--Ketua DPP Partai Nasdem Siti Nurbaya meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) bekerja lebih keras memperbaiki daftar pemilih sementara (DPS), dan tidak mudah percaya menerima data dari Kementerian Dalam Negeri."Rakyat masih punya memori

Bisnis.com, JAKARTA--Ketua DPP Partai Nasdem Siti Nurbaya meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) bekerja lebih keras memperbaiki daftar pemilih sementara (DPS), dan tidak mudah percaya menerima data dari Kementerian Dalam Negeri.

"Rakyat masih punya memori bahwa Kemendagri di masa lalu selalu mau berkuasa dan menjadi pembina politik yang sebetulnya sudah tidak bisa sama sekali di era demokrasi," kata Siti Nurbaya, di Jakarta, Selasa (16/7/2013)

Siti yang pernah menjabat sebagai Sekjen Kemendagri pada Pemilu 2004, mengaku tahu persis bahwa data penduduk datangnya dari Badan Pusat Statistik (BPS), bukan dari Kemendagri. "Untuk data penduduk menjadi data pemilih itu merupakan otoritas KPU,"

Ia menjelaskan dalam UU disebutkan bahwa KPU memiliki otoritas menentukan data pemilih dan berdasarkan prosedur memang dilakukan koreksi data dari DPS menjadi daftar pemilih tetap (DPT), namun bagaimana metodenya juga merupakan otoritas KPU

"Bisa saja kalau pemerintah dimintai tolong, tapi dalam bentuk data penduduk dan bukan data pemilih. Itu dikaitkan dengan sejarah ketidakpercayaan rakyat ke Kemendagri karena peran politik kementerian itu di masa lalu," tutur Siti.

Terkait dengan dukungan dan hasil kerja Kemendagri yang diserahkan kepada KPU sebagai bahan data pemilih, tambah dia, itu harus dapat dipercaya dan dijelaskan indikasi distorsi di dalamnya.

Pengamat pemilu, Ray Rangkuti menilai masih terjadi sengkarut dalam DPS karena masih ada perbedaan data yang dikeluarkan oleh KPU dengan data pemilih yang disebutkan oleh Kemendagri.

KPU telah menetapkan bahwa DPS Pemilu 2014 sebanyak 177.257.048 jiwa, namun jumlah itu belum termasuk DPS dari daerah Provinsi Papua, Sumatera Selatan dan Maluku Utara. Jika ditambah dengan jumlah calon pemilih luar negeri yang berkisar 2.160.253 jiwa maka total DPS mencapai 179.417.301 jiwa. (Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ismail Fahmi
Editor : Ismail Fahmi
Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper